Pertamina MOR I umumkan juara Anugerah Jurnalistik 2019

id Ajp,ajp 2019

Pertamina MOR I umumkan juara Anugerah Jurnalistik 2019

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, umumkan 18  kategori  juara  Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2019,sebagai  apresiasi atas karya jurnalis, di Pangeran Beach Hotel, Padang, Sumatera Barat, Kamis (31/10) malam. (ANTARA/HO-Pertamina)

Pekanbaru (ANTARA) - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, umumkan 18 kategori juara Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2019,sebagai apresiasi atas karya jurnalis.

Perhelatan AJP MOR I tahun ini diselenggarakan di Pangeran Beach Hotel, Padang, Sumatera Barat, Kamis (31/10) malam.

"Jurnalis profesi mulia karena mereka teman yang membuka informasi dan sekaligus memberikan info yang terverifikasi dan akurat datanya," kata kata Unit Manager Comm, Rel & CSR MOR I, Roby Hervindo, usai acara di Padang, Kamis malam.

Ia mengungkapkan AJP MOR I tahun 2019, mengambil tema AJP nasional yaitu "Move On".

"Kami berharap, masyarakat "move on" untuk menggunakan produk berkualitas Pertamina, seperti bahan bakar Pertamax, Pertamina Dex, serta elpiji Bright Gas. Juga "move on" menjadi masyarakat mandiri melalui program - program CSR," tuturnya.

Menurut Roby, AJP MOR I tahun 2019 melombakan tujuh kategori, dimana lebih dari 60 karya jurnalistik masuk ke meja dewan juri.

Roby berharap AJP MOR I, dapat menjadi pemacu motivasi profesionalisme jurnalis dalam menyampaikan informasi dan mengedukasi publik secara komprehensif, berdasarkan pada keakuratan fakta dan data, proporsional dan berwawasan kedepan.

Juri lomba ini antara lain Ketua PWI Palembang H. Firdaus Komar, Sekretaris Ketua PWI Lampung Nizwar, SE dan pengamat energi serta Ketua Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau (UIR) Muslim Abdurrahman. Yang sekaligus hadir dalam ajang AJP MOR I serta Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus.

Sementara itu, Firdaus Komar mengaku tim juri terkesan dengan karya jurnalistik yang masuk. Karya meliputi topik beragam, mulai mengenai produk hingga kegiatan-kegaitan CSR Pertamina.

"Proses penjurian sangat ketat. Kami berdiskusi panjang untuk menentukan pemenang. Apresiasi setinggi-tingginya untuk seluruh kawan-kawan jurnalis yang telah mengirimkan karyanya dalam ajang AJP MOR I 2019," tutur Firdaus.

Adapun perolehan juara-juara 18 kategori sebagai berikut, kuara satu kategori Foto Essay dimenangkan oleh Dalil Harahap dari Batam Pos, Kepri. Pewarta foto Iggoy Elfitrah dari Antara Sumbar dan Irsan Mulyadi dari Antara Sumut meraih posisi dua dan tiga.

Yuniar, pewarta harian Singgalang, Sumbar, menyabet juara satu kategori Publikasi CSR. Juara dua dan tiga masing-masing diboyong Trully Okto Hasudungan dari Tribun Medan dan Zul Anwar Ali dari situs berita gosumut.com.

Nurul Mahfud dari radio BRI Batam membawa pulang juara satu di kategori Radio. Sementara Sri Wahyuni dari radio Smart FM & Sonora Sumut merebut posisi dua dan tiga sekaligus.

Pewarta dari Riau memborong juara pada kategori media online. Sarwadi dari Xnews.com menduduki juara satu. Diikuti Rezi Andika dari riaupembaruan.com dan Vera Lusiana dari Antara Riau.

Pada kategori Media Cetak, pewarta harian Andalas, Asiong, menduduki juara pertama. Ia diikuti Martua Pandapotan dari harian Tanjung Pinang Pos di posisi dua. Juara tiga disabet Bambang Hendriyanto, pewarta Harian Dumai Pos.

Fandi Yogari dari Antara TV Sumbar meraih juara satu di kategori Media TV. Juara kedua dan ketiga diraih Syahril dari Kompas TV Aceh dan Zul Fahmi dari TV One Sumut.

Untuk titel Best of the Best diboyong oleh Sarwadi dari Xnews.com, Riau.

Baca juga: Pertamina "sulap" bibir pantai yang tergerus abrasi jadi wisata edukasi mangrove

Baca juga: Si Pinky yang mempercantik dapur pengantin baru