Garap program PHR, tiga wartawan Riau juara AJP Nasional 2023

id Ajp, pertamina

Garap program PHR, tiga wartawan Riau juara AJP Nasional 2023

Acara penganugrahan AJP 2023 digelar di Ballroom Hotel Tentrem, Yogyakarta, Jumat (15/12/2023). (ANTARA/ Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Setelah berhasil memborong predikat juara di Anugrah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2023 tingkat territorial 2 Sumatra Bagian Tengah (Sumbagteng), wartawan pemenang asal Riau tersebut berangkat dan berpartisipasi dalam program AJP tingkat nasional. Hasilnya, tiga wartawan asal Riau menyabet juara di ajang tersebut.

Acara penganugerahan AJP 2023 digelar di Yogyakarta, Jumat (15/12). Ajang penganugerahan ini dihadiri dan dibuka oleh Direktur Utama Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. Hadir juga para dewan juri nasional, sejumlah pemimpin redaksi dan wartawan unggulan pemenang dari masing-masing teritori.

Dalam kesempatan ulang tahun ke-66 Pertamina ini, Nicke menyampaikan terima kasih kepada insan pers yang telah menarasikan dan visualisasikan perjalanan Pertamina lewat media. Dia juga menyampaikan mengapresiasi media di Tanah Air yang kerap memberikan edukasi terkait Pertamina dan transisi energi ke masyarakat lewat media.

Ketua Dewan Juri AJP 2023 yang juga Ketua Dewan Pers Indonesia Dr Ninik Rahayu menyampaikan, “AJP memberi jurnalis ruang dan kesempatan untuk mengemukakan isu dan dinamika dunia energi. Substansi dan pemahaman teknis dunia energi tidaklah mudah. Oleh karena itu peningkatan kompetensi untuk spesialisasi di bidang energi diperlukan," katanya.

Wartawan asal Riau terbukti berhasil menunjukkan kepiawaiannya menulis berita. Pada kategori Media Cetak, wartawati Riau Pos yakni Henny Elyati berhasil meraih Juara 3 dengan tulisan 'Si Hitam Meliuk Membelah Perut Bumi'. Pada kategori Media Online, wartawanBertuahpos.comyakni Melba Ferry Fadly juga meraih Juara 3. Danpada kategori Essay Foto, wartawan dariRiauaktual.comyakni Wahyudi berhasil menjadi Juara 3.

Henny mengaku tidak menyangka saat namanya terpampang sebagai juara di tingkat nasional itu. Dia menyampaikan terima kasih kepada Pertamina, terutama PHR sebagai inspirasi untuk karyanya tersebut.

“Ternyata dari Riau juga bisa berjuang dan bersaing di tingkat nasional. Awalnya tidak percaya bisa menembus itu. Selama ini PHR sangat peduli terhadap media dan wartawan di Riau, dan dengan dukungan yang baik mempermudah kami dalam membuat karya tulis jurnalistik," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Melba. Dia mengatakan, Pertamina memberi ruang untuk wartawan daerah bisa berkreasi dan berkarya hingga mampu 'dipandang' di tingkat nasional.

"Terima kasih untuk Pertamina yang memberi ruang bagi anak-anak daerah untuk dapat berkompetisi di AJP, sehingga bibit-bibit daerah juga membawa potensi di tingkat nasional," katanya, dan berharap semakin banyak wartawan Riau yang berpartisipasi dan menang ke depannya.

Berikut para pemenang AJP Teritorial 2 Sumbagteng 2023:

Kategori Media Online

1. Melba Ferry Fadly, Bertuahpos.com, Judul: MNK, 'Tabungan' Untuk Anak Dan Cucu Kita

2. Hendri D, Pantauriau.com, Judul: Kado Terindah Dari Si Anak (Pernah) ‘Hilang’ Untuk ‘Ibunda’ Tercinta

3. Satria Utama, Riautribune.com, Judul: Dari Sumur Tua Ke Sumur Nonkonvensional, Upaya PHR Kembalikan Kejayaan Minyak Riau, Dari Sumur Tua Ke Sumur Nonkonvensional

Jurnalis Potensial Media Online: Bayu Agustari Adha, Riau.antaranews.com, Judul: Masih Ada Minyak Di Bawah Minyak Di Riau

Kategori CSR:

1. Vera Lusiana, riau.antaranews.com, Judul: Kisah Sukses Kampung Patin Bumikan Ikan Di Negeri Rawa Koto Mesjid

2. Yon Rizal Solihin, Pantauriau.com, Judul: Kisah Petarung Muda Bumi Lancang Kuning Menapak Langit Menjemput Mimpi Di Negeri Para Jawara

3. Oki Sulistio, SEA Today TV, Judul: Pertamina Hulu Rokan's Assistance Includes GPS Collars For Wild Sumatran Elephants, Serving As An Early Warning System To Prevent Conflicts Between Humans And Wildlife In

Jurnalis Potensial Kategori CSR:

Soleh Albantani, Pesisirriau.com, Judul: Semangat Lambas Binaan PHR Yang Sukses Ubah Sampah Jadi Ladang Rupiah