Musrenbang RPKT Inhil, OPD Diminta Cari Sumber Dana Lain

id musrenbang rpkt, inhil opd, diminta cari, sumber dana lain

Musrenbang RPKT Inhil, OPD Diminta Cari Sumber Dana Lain

Tembilahan, (Antarariau.com) - PJ Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, Riau Rudyanto meminta inisiatif dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mencari sumber dana lain guna menjalankan kegiatan keprograman.

Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2019 yang digelar Pemkab Inhil, Rudyanto mengatakan bahwa permintaan tersebut bukan tanpa alasan karena didasari atas pertimbangan alokasi dana di APBD Kabupaten Inhil yang berkisar Rp 1,2 Triliun per tahun relatif tidak memadai untuk meng-cover seluruh kegiatan keprograman dari masing-masing OPD.

"Dari dana Rp1,2 triliun itu, tentunya hanya sedikit porsi yang bisa tertampung. Kepada OPD untuk rajin mencari dana tambahan baik ke Pemprov maupun ke Pusat," kata Rudyanto pada pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD, Senin.

Menurutnya, sumber keuangan lain dapat diakses oleh OPD melalui Pemerintah Provinsi Riau maupun Pemerintah Pusat.

Dana tersebut, lanjutnya, akan dapat diperoleh dengan usaha dan kerja keras masing-masing OPD.

Selain menuntut keaktifan OPD dalam mengakses sumber dana lain, Pj Bupati juga meminta kepada OPD untuk bisa selektif dalam merealisasikan setiap kegiatan keprograman sesuai dengan skala prioritas.

OPD semestinya bisa membuat skala prioritas, menentukan program mana saja yang harus diutamakan.

Seperti program dengan imbas lebih besar kepada masyarakat itu yang lebih diutamakan terlebih dahulu," ucap Rudyanto.(adv)