Membanggakan, Sejumlah OPD Di Lingkungan Pemkab Inhil Terima Penghargaan Maturitas SPIP

id membanggakan sejumlah, opd di, lingkungan pemkab, inhil terima, penghargaan maturitas spip

Membanggakan, Sejumlah OPD Di Lingkungan Pemkab Inhil Terima Penghargaan Maturitas SPIP

Istimewa

Tembilahan, (Antarariau.com) - Sebanyak 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, berhasil meraih penghargaan Penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3 dari Perwakilan BPKP Wilayah Riau.

"Terima kasih atas kerja keras Inspektorat dan sejumlah OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil yang meraih penghargaan," ucap Bupati Inhil, Muhammad Wardan saat menerima penghargaan secara simbolis dalam kegiatan Sosialisasi SPIP, Senin.

Dalam kegiatan sosialisasi SPIP yang digelar oleh Inspektorat Kabupaten Inhil bekerjasama dengan perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Riau bagi seluruh OPD di lingkungan Pemkab Inhil, Bupati mengharapkan, agar penerapan SPIP dapat menciptakan budaya pengawasan terhadap organisasi dan kegiatan sehingga mampu mendeteksi secara dini potensi penyimpangan yang akan terjadi dan meminimalisir tindakan yang dapat merugikan negara.

Melihat pentingnya penerapan SPIP dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran organisasi serta untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, maka lanjut Bupati, pimpinan instansi/organisasi harus dapat menjadikan penerapan SPIP menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya pada unit kerja terkecil tapi hingga kepada masing-masing individu.

Selain berada dalam kerangka mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik, SPIP juga merupakan upaya membentuk mekanisme administratif serta upaya melakukan perubahan sikap dan perilaku (soft factor).

"Peraturan yang ada bukan merupakan akhir namun merupakan awal dari langkah perbaikan. Oleh Karena itu, implementasi SPIP sangat bergantung kepada komitmen," tutur Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati Wardan juga mengucapkan terimakasih kepada Inspektorat yang sudah memulai langkah sejak Maret 2017 sehingga bisa berhasil mencapai penilaian maturitas level 3 dengan memenuhi sejumlah unsur dalam SPIP.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, hal-hal yang berkenaan dengan SPIP disampaikan langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Dikdik Sadikin.

Adapun dasar penyelenggaraan kegiatan sosialisasi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. (adv)