Jalan Riau-Sumbar di Kuok Amblas lagi, Ini Jalur Alternatif

id jalan riau-sumbar, di kuok, amblas lagi, ini jalur alternatif

Jalan Riau-Sumbar di Kuok Amblas lagi, Ini Jalur Alternatif

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kampar segera memperbaiki jalan lintas Riau-Sumatera Barat melalui Kecamatan Kuok yang amblas sejak Rabu (7/2) sore hingga menyebabkan salah satu jalur utama penghubung dua provinsi itu putus total.

"Sejak kemarin hingga pagi ini proses perbaikan terus dilakukan dengan menimbun badan jalan yang amblas," kata Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kampar, Elbakhtisar kepada Antara di Pekanbaru, Kamis.

Ia menuturkan satu alat berat terus bekerja menimbun badan jalan yang amblas akibat gerusan air pada gorong-gorong jalan tersebut.

Sementara proses perbaikan terus dilakukan, ia mengatakan kepolisian dan pemerintah setempat telah menyiapkan jalur alternatif guna menghindari penumpukan kendaraan.

"Ada dua jalur alternatif yang disiapkan. Khusus untuk mobil truk besar dan mobil minibus serta sepeda motor," ujarnya.

Dia merinci khusus untuk kendaraan truk bertonase besar dialihkan melalui simpang TB, sementara mobil minibus serta sepeda motor dapat melintas melalui Pulau Jambu.

Dengan adanya pengalihan arus lalu lintas tersebut, dia mengatakan penumpukan kendaraan dapat terhindarkan. Hingga pagi ini, dia menjelaskan tidak terjadi penumpukan kendaraan di sekitar lokasi kejadian.

Lebih jauh, dengan adanya proses pengerjaan yang terus dikebut itu, dia memperkirakan Kamis sore nanti jalan Riau-Sumbar via Kuok, yang merupakan salah satu jalur utama lintas provinsi tersebut, sudah dapat dilalui.

"Insya Allah siang atau sore sudah bisa," ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo mengatakan jalur Riau-Sumbar yang amblas hingga menyebabkan putus total tersebut terjadi di KM 70 tepatnya di Dusun Bukit Agung Desa Kuok.

"Jalan tersebut sempat amblas beberapa bulan lalu. Hal ini sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan yang akan melewati jalur Lintas Barat ini," ujarnya.

Dia mengatakan sejak Rabu (7/2), personel Satlantas Polres Kampar bersama Polsek Bangkinang Barat dan Dishub Kampar telah berada di lokasi untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas dengan sistem buka tutup khusus bagi kendaraan pribadi, untuk kendaraan yang lebih besar seperti bus dan truk diarahkan melalui jalan alternatif.

Pengalihan arus untuk kendaraan roda empat yang dari arah Pekanbaru ke Sumbar diarahkan melewati daerah Bangkinang seberang tembus ke Rantau Berangin, dan untuk kendaraan dari Sumbar menuju Riau dialihkan dari Rantau Berangin melalui Simpang TB dan melewati Petapahan Kecamatan Tapung.

Bagi warga Kota Pekanbaru yang akan bepergian menuju Sumbar atau sebaliknya, disarankan untuk menunda dulu perjalanannya menjelang kondisi jalan kembali normal. Meski begitu, dia menuturkan bagi yang tetap bepergian dengan tujuan yang sama silahkan melalui jalur altenatif.***3***