Begini Cara Tingkatkan Konsumsi Masyarakat Menurut Pandangan Pengamat Ekonomi

id begini cara, tingkatkan konsumsi, masyarakat menurut, pandangan pengamat ekonomi

Begini Cara Tingkatkan Konsumsi Masyarakat Menurut Pandangan Pengamat Ekonomi

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pengamat Ekonomi dari Provinsi Riau, DR.Viator Butarbutar berpendapat bahwa pemerintah harus mendorong pertumbuhan pendapatan lokal untuk memicu meningkatnya pertumbuhan konsumsi masyarakat yang selama beberapa tahun terakhir dalam kondisi melambat.

"Kebijakan ini dibutuhkan untuk menekan sektor perdagangan besar yang sempat goyang kendati daya beli menguat tapi total pengeluaran konsumsi cenderung tertekan, " kata Viator Butarbutar di Pekanbaru, Selasa.

Pendapat demikian disampaikannya terkait evaluasi tiga tahun Pemerintahan Jokowi-JK serta sejauh mana kemajuan bidang perekonomian yang telah dicapai pemerintah.

Menurut Viator, total pengeluaran konsumsi cenderung tertekan telah berdampak pada retailer khususnya di sektor perdagangan besar.

Ia menyebutkan kurun waktu tiga tahun itu, kecenderungan marginal untuk mengkonsumsi mengalami perubahan ke bawah dan kecenderungan juga terjadi pada perubahan pola konsumsi masyarakat yang dikhawatirkan bisa mengubah komposisi makro perdagangan.

"Oleh karena itu Pemerintahan Jokowi-JK juga harus fokus pada program-program pertumbuhan pendapatan lokal untuk memicu meningkatnya pertumbuhan konsumsi dan jika perlu dikombinasikan dengan program pembangunan infrastruktur nasional," katanya.

Disisi lain, katanya, besarnya pengaruh isu-isu politik nasional digabung dengan kehati-hatian berlebihan oleh pejabat dan birokrasi pemerintahan karena kekhawatiran terimbas masalah hukum, telah mengakibatkan banyak peluang investasi belum dimanfaatkan optimal para investor. Pada akhirnya mempengaruhi kapasitas nasional menggenjot perluasan kesempatan kerja.

Namun demikian, berdasarkan data statistik pertumbuhan ekonomi nasional relatif tinggi dalam tiga tahun terakhir, rata rata di atas 5 persen. Inflasi terkendali dan pertumbuhan penduduk masih terkendali.

"Artinya, secara makro ada perbaikan kesejahteraan. Pengelolaan APBN juga semakin baik. Percepatan pembangunan infrastruktur yang sangat luar biasa dalam tiga tahun terakhir dan diharapkan berlanjut, akan menjadi salah satu pendorong peningkatan iklim investasi ke depan, yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi," katanya.

Demikian juga sejalan dengan perbaikan birokrasi perizinan dan beragam paket ekonomi, pada gilirannya akan mendorong pertumbuhan iklim usaha yang kondusif dan bertumbuhnya UMKM. Ini baik untuk masa depan perekonomian bangsa, katanya.