Legislator Inhil Sayangkan Kondisi Perpustakaan Daerah

id legislator inhil sayangkan kondisi perpustakaan daerah

Legislator Inhil Sayangkan Kondisi Perpustakaan Daerah

Tembilahan (Antarariau.com) - Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Indragiri Hlir, Riau, Herwanissitas mengatakan kondisi perpustakaan di daerah itu masih sangat meprihatinkan.

"Unit Layanan Perpustakaan yang ada di Kecamatan-kecamatan masih sangat minim fasilitas, itu harus menjadi salah satu perhatian serius kita," ujar Herwanissitas di Tembilahan, Kamis.

Ia mengatakan, untuk menghidupkan kembali perpustakaan-perpustakaan yang ada di Inhil perlu adanya pola manajemen pengelolaan yang bakk sesuai standar termasuk fasilitas dan ketersediaan buku.

Selanjutnya, selain manajemen dan fasilitas, di era teknologi digital seperti sekarang saat ini perpustakaan yang ada di Kabupaten Inhil secara bertahap juga harus bertransformasi sesuai dengan perkembangan zaman.

"Sekarang trendnya online, semua urusan dan kebutuhan orang by online, jadi perpustakaan kita juga harus bisa diakses secara online dalam bentuk e-book, inilah yang harus diupayakan," kata Sitas.

Disamping itu, Ketua Komisi IV DPRD Indragiri Hilir, Ustad Sumardi menuturkan bahwa dalam waktu dekat pihaknya berencana akan melakukan peninjauan perpustakaan hingga ke daerah-daerah.

Hal itu, kata dia, bertujuan untuk melihat langsung kondisi perpustakaan baik kantor maupun ketersediaan buku-bukunya.

"Kondisi hari ini sepertinya hanya ada kantornya saja, sementara isinya diragukan," ucapnya.

Ia berharap, dengan dilakukan peninjauan nantinya akan dapat kembali menghidupkan perpustakaan yang ada di Inhil. Karena perpustakaan gudangnya ilmu.

Selain itu ia juga mengharapkan peran serta dari berbagai pihak baik Pemda, Perusahaan serta seluruh masyarakat untuk ikut andil dalam meciptakan perpustakaan yang aktif.

"Karena, dengan aktifnya suatu perpustakaan akan memberikan banyak ilmu serta manfaat untuk masyarakat Inhil," tambahnya. (ADV)

Oleh: Adriah Akil