Siswa SLB Siak Ikut Ujian Nasional

id siswa slb, siak ikut, ujian nasional

Siswa SLB Siak Ikut Ujian Nasional

Siak (Antarariau.com) - Delapan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, mengikuti Ujian Nasional tingkat SMP sederajat 2017.

Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama Disdikbud Siak Zulikram di Siak, Rabu, mengatakan, delapan siswa SLB itu mengikuti UN di SMP LB Fajar Amanah di Perawang, Kecamatan Tualang dan SLB Negeri Siak.

Di tempat terpisah, Kepala Sekolah SLB Negeri Siak Watini mengatakan jadwal pelaksanaan UN siswa SLB ini sama dengan siswa umum lainnya, yakni dimulai pada 2 Mei hingga empat hari ke depan.

"Kebetulan tahun ini tiga siswa kami yang mengikuti UN berkebutuhan khusus dalam tuna rungu. Kalau soal untuk siswa SLB yang tuna rungu sama dengan siswa umum lainnya, hanya mereka tidak menggunakan sistem komputer," ujarnya.

Dalam pelaksanaan UN, lanjut Watini, masing-masing siswa didampingi oleh satu guru yang duduk di sampingnya untuk membacakan dan menjelaskan soal UN.

Dia mengakui siswa-siswanya mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal UN karena meski bisa membaca, mereka kesulitan memahami maksud soal ujian tersebut.

"Kalau kesulitan itu pasti ada karena mereka tidak bisa mendengar dan berbicara. Dan itulah tugas kami selaku guru SLB untuk menyampaikan apa maksud dari soal tersebut," katanya lagi.

Ia berharap ketiga siswanya itu bisa melaksanakan ujian dengan baik dan lulus dalam UN ini.