Amankan Aksi Damai, Dua SSK Brimob Riau Berangkat Ke Jakarta

id amankan aksi, damai dua, ssk brimob, riau berangkat, ke jakarta

Amankan Aksi Damai, Dua SSK Brimob Riau Berangkat Ke Jakarta

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepolisian Daerah Riau mengirimkan dua satuan setingkat kompi (SSK) ke Jakarta guna mengamankan rencana aksi damai pada Jumat (31/3) yang digelar oleh Forum Umat Islam (FUI).

"Terkait aksi tersebut kita diminta mengirim pasukan Brimob," kata Kepala Satuan Brimob Polda Riau, Kombes Pradah Pinunjul di Pekanbaru, Rabu.

Ia menjelaskan dua SSK Brimob Polda Riau atau sebanyak 200 personel telah diberangkatkan ke Jakarta menggunakan pesawat pada Selasa malam (28/3). Menurut dia, pengiriman pasukan untuk Bawah Kendali Operasi (BKO) itu merupakan permintaan dari Kepolisian Daerah Polda Metro Jaya.

"Diberangkatkan serentak untuk BKO Polda Metro Jaya," tuturnya.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa penugasan Brimob Polda Riau selama di Jakarta tergantung situasi dan kebutuhan Polda Metro Jaya.

"Tergantung di sana. Mudah-mudahan pengamanan di Jakarta berjalan lancar," tuturnya.

Aksi damai 313 merupakan lanjutan dari permintaan sebagian umat muslim yang menginginkan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dicopot dari jabatannya menyusul status Basuki sebagai terdakwa dalam kasus dugaan penistaan agama.

Aksi yang digelar sejumlah organisasi keagamaan ini rencananya akan berpusat di Mesjid Istiqlal untuk shalat Jumat berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan aksi unjuk rasa ke Istana Merdeka.

Meski aksi damai akan digelar Jumat mendatang, Kadivhumas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan Polri belum menerima surat pemberitahuan dari koordinator aksi. Pihaknya pun meminta agar koordinator aksi segera menyampaikan kan surat pemberitahuan aksi kepada Polri.

"Mohon untuk menyampaikan surat pemberitahuan kepada polisi agar kami tahu tempat demonstrasinya dimana, berapa jumlah massa, alat peraganya apa, untuk memudahkan pengamanan dan jumlah personel polisi yang dikerahkan," katanya.