Gubri Janjikan Benahi Puskesmas Di Daerah Destinasi Wisata

id gubri janjikan, benahi puskesmas, di daerah, destinasi wisata

Gubri Janjikan Benahi Puskesmas Di Daerah Destinasi Wisata

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Provinsi Riau pada 2017 akan membenahi puskesmas di destinasi wisata guna memberikan kenyamanan kepada para wisatawan.

"Gerakan bagaimana manusia menjadi sehat itu perlu dilakukan di daerah destinasi pariwisata," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, Sabtu.

Andi mengemukakan mulai 2015 fokus pada sektor pariwisata sebagai penyumbang perekonomian. Untuk menciptakan objek wisata yang layak dan bernilai jual perlu pembenahan berbagai sektor, khususnya layanan kesehatan.

"Karena di daerah pariwisata pelayanan kesehatan menjadi penting. Supaya orang datang ke suatu daerah destinasi wisata ada tempat pelayanan kesehatan yang baik sehingga turis tidak ragu lagi berkunjung," urainya lagi.

Misalnya, kata Andi, Puskesmas bisa berfungsi sebagai tempat awal dari pelayanan masyarakat di daerah.

Di kecamatan Puskesmas perlu diperbaiki secara fisik, kelembagaan dan SDM-nya.

Untuk itu, kata Andi, Pemprov Riau mulai akan memperbaiki, mengoptimalkan Puskesmas.

"Yang namanya orang datang untuk berwisata kita tidak tahu mungkin ada yang sakit, perlu bantuan layanan kesehatan," ucapnya.

Ia mengatakan jika puskesmas bisa melakukan hal yang baik dan pertolongan terhadap pelayanan kesehatan turis-turis itu akan memajukan daerah destinasi wisata tersebut.

Ia menambahkan anggaran yang sudah dipersiapkan Riau sejauh ini untuk memperbaiki infrastruktur kesehatan seperti puskesmas.

"Apalagi lagi kalau ini didukung oleh Kementerian Kesehatan mungkin dalam bentuk program yang lain tetapi kita butuhkan kenapa tidak," harapnya.