Pelayanan Jamkesda Pekanbaru Kini Berada Di Tangan Dinas Sosial Setempat

id pelayanan jamkesda, pekanbaru kini, berada di, tangan dinas, sosial setempat

Pelayanan Jamkesda Pekanbaru Kini Berada Di Tangan Dinas Sosial Setempat

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Pekanbaru mengambil alih pelayanan dan pengelolaan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di wilayah setempat dari Dinas Kesehatan.

"Yang kami tahu diberi tugas baru melayani semua penerima Jamkesda yang selama ini ada dibawah pengelolaan Dinas kesehatan," kata Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman Khairani di Pekanbaru, Minggu.

Menurut Khairani pihaknya sudah dimintakan mengambil alih pengurusan dan pengelolaan data masyarakat penerima Jamkesda di Pekanbaru terhitung November 2016. Selanjutnya masih bersifat mengakomodir kemiskinan yang sudah ada dan terdaftar selama ini.

"Kami belum bisa menerima kepesertaan Jamkesda yang baru, karena data kemiskinan yang ada di Pekanbaru sudah ada kuotanya," terangnya lebih jauh.

Untuk itu sebut dia lagi pihaknya sudah mulai mensosialisasikan pengalihan ini, agar masyarakat tahu dan jika memerlukan segala macam berkas dan rekomendasi Jamkesda agar datang ke Kantor Dinsos Pekanbaru.

Ia menambahkan saat ini data kemiskinan Pekanbaru yang berhak menerima Jamkesda ada 139.277 jiwa.

"Jumlah itu tidak bisa di otak-atik lagi, kecuali darurat, jika keluarga miskin itu memperoleh surat keterangan sakit dan tidak mampu membiayai perobatan yang diterbitkan RT/RW setempat," katanya mencontohkan.

Data ini juga akan dilayani Dinsos setelah melalui Musyawarah kelurahan (Muskel) RT/RW.

"Karena yang bisa menetapkan masyarakat tersebut dapat Jamkesda harus lurah, RT/RW," tegasnya menambahkan.

Ia menambahkan selain pelayanan Jamkesda, penyaluran beras untuk keluarga sejahtera (Rasta) di wilayah setempat juga dipindahkan pengurusannya dari bagian perekonomian ke Dinsos lewat program Elektronik warung (e-warung).