Disbun Inhil Kembangkan Olahan Turunan Kelapa

id disbun inhil, kembangkan olahan, turunan kelapa

Disbun Inhil Kembangkan Olahan Turunan Kelapa

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir mengembangkan beragam produk turunan kelapa sebagai upaya meningkatkan nilai tambah perekonomian masyarakat setempat.

"Olahan produk kelapa yang dikembangkan tidak hanya terbatas pada bahan mentah saja, melainkan juga hasil olahan dari turunan kelapa menjadi beberapa produk baik setengah jadi maupun siap konsumsi," kata Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir Tantawi Jauhari di Tembilahan, Sabtu.

Ia memaparkan beberapa olahan dari turunan kelapa ini diantaranya ialah sirup, kecap, nata decoco, arang, dan asap cair serta kopra.

Selain itu, masyarakat di Indragiri Hilir juga mampu membuat beragam perlengkapan furniture atau mebel yang berbahan baku dari pohon kelapa, misalnya saja seperti kursi, meja dan berbagai keragaman kerajinan tangan.

"Oleh sebab itu, sektor perkebunan menjadi sumber perekonomian masyarakat Indragiri Hilir, terutama perkebunan kelapa," ujarnya.

Komoditas perkebunan yang dikembangkan tidak hanya kelapa melainkan kelapa dalam, kelapa hibrida, kelapa sawit, karet, kopi, cokelat dan pinang.

"Namun, yang terluas adalah perkebunan kelapa yang mencapai 432.000 hektar," katanya. (ADV)