Legislator: Tidak ada Perda Inisiatif DPRD Riau yang Dicabut Mendagri

id legislator tidak, ada perda, inisiatif dprd, riau yang, dicabut mendagri

Legislator: Tidak ada Perda Inisiatif DPRD Riau yang Dicabut Mendagri

Oleh Nella Marni

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau menyatakan bahwa sampai sejauh ini Perda inisiatif DPRD Riau tidak ada yang dicabut.

"Jadi selama ini kita kemana? Apa tidak melewati prosesnya, sampai bisa dihapuskan. Akan tetapi kabarnya pada tingkat kabupaten ada yang kena dicabut, seperti Kampar, dan yang lainnya," tutur Anggota DPRD Riau, Harianto, di Pekanbaru, Kamis.

Ia lebih lanjut mengkritik rencana pengapusan Peraturan Daerah oleh Kementerian Dalam Negeri dengan alasan menghambat pembangunan.

"Saya secara pribadi sangat mengkritik rencana Mendagri yang akan menghapus ribuan Perda itu," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, apalagi Perda yang bakal dihapuskan oleh Mendagri tersebut ada sebanyak 3000 Perda se Indonesia. Menurutnya, semuanya itu buat kepentingan masyarakat.

"Alasan mereka Perda itu banyak yang menghambat pembangunan. Tentu tidak semuanya , mungkin satu atau dua saja," ungkapnya.

Kemudian katanya, jika Perda tersebut dihapuskan, harus punya alasan yang jelas. Padahal ucapnya, Perda bisa timbul karena kebutuhan masyarakat.

"Padahal semua Perda tersebut sudah dievaluasi oleh tim-tim Kemendagri sendiri, lalu kenapa sekarang mereka katakan dengan alasan menganggu. Saya juga mempertanyakannya sistematisnya," paparnya lagi.

Katanya, semuanya sudah melalui proses lalu sekarang tiba-tiba dicabut. Pemerintah provinsi juga sudah melewatinya.