Waspada, Perempuan Juga Rentan Terkena Resiko Sakit jantung

id waspada perempuan, juga rentan, terkena resiko, sakit jantung

Waspada, Perempuan Juga Rentan Terkena Resiko Sakit jantung

Jakarta (Antarariau.com)- Teori yang selama ini ada bahwa hanya kaum lelaki yang terkena resiko penyakit jantung tidak sepenuhnya benar. Faktanya, menurut penelitian, perempuan memiliki perlindungan alami terhadap penyakit jantung sebelum memasuki masa menopase, dimana hormon estrogen yang dimiliki perempuan membuat pembuluh darah melentur dan menjadi pelindung alami tubuh. Tidak heran bila kaum Adam yang berisiko mengalami penyakit jantung. Namun kenyataannya, kaum perempuan juga bisa terkena penyakit jantung bahkan sebelum masa menopause tiba.

“Jadi kalau sama-sama perempuan dan lelaki itu berusia 40 tahun, risiko penyakit jantung yang terjadi pada lelaki itu enam kali lebih banyak daripada perempuan. Namun, gaya hidup yang buruk, seperti stres, pola makan kurang baik yang terjadi sebelum masa menopause juga berisiko menyebabkan banyak perempuan yang terkena penyakit jantung,” ucap dr. Jetty Sedyawan, Sp.JP (K).

Baik lelaki maupun perempuan yang memasuki masa menopause, kemungkinan mereka terkena penyakit jantung pun akan sama jika memang ada faktor risiko penyebab penyakit jantung.

Oleh karena itu, menurut ahli kardiologi ini, seharusnya baik laki-laki maupun perempuan untuk menjaga pola hidup sehat sedini mungkin agar terhindar dari penyakit yang menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia ini.

Sumber: Gohitz