Ratusan Warga Demo Kantor PLN Bagansiapiapi, Minta PLTA Diganti PLTD

id ratusan warga, demo kantor, pln bagansiapiapi, minta plta, diganti pltd

Ratusan Warga Demo Kantor PLN Bagansiapiapi, Minta PLTA Diganti PLTD

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - PT PLN Ranting Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Minggu (24/4) malam didatangi ratusan warga yang kesal dengan pemadaman listrik yang tidak lagi beraturan hingga malam hari.

"Hampir setiap malam listrik padam tanpa pemberitahuan PLN," kesal Rafi (35) warga Bagansiapiapi, Minggu.

Karena kesal dengan pemadaman tersebut dia bersama ratusan warga secara spontan mendatangi kantor PLN guna mempertanyakan pemadaman yang tidak beraturan tersebut.

"Sudah berapa banyak barang elektronik kami rusak akibat pemadaman yang dilakukan PLN, ini sudah melebihi batas kewajaran," ungkapnya.

Para pendemo dengan suara nyaring mendesak pimpinan PLN menemui mereka untuk menjelaskan masalah pemadaman listrik yang telah berlangsung hampir setiap hari.

Beberapa demonstran mengatakan kinerja PLN Rayon Bagansiapiapi mengecewakan dan tidak ada perbaikan dari tahun-tahun sebelumnya.

"Kalau sudah kayak gini terus kami minta aliran PLTA diganti ke PLTD," kata warga lainnya Untut (45).

Aksi demo ratusan warga tersebut mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian yang bertindak sigap melakukan pengamanan di sekitar kantor PT PLN Rayon Bagansiapiapi.

Kapolsek Bangko Kompol Nurhadi Ismanto berinisiatif untuk memediasi pengunjuk rasa dan menggelar pertemuan dengan Supervesor PLN Bagansiapiapi Hariono.

Dalam pertemuan itu Hariono menyampaikan permohonan maaf mengenai pemadaman yang telah dilakukan selama ini dikarenakan defisit daya.

"Manajer PLN sekarang sedang tidak berada ditempat karena besok akan menggelar rapat di Pekanbaru. Sekarang warga apakah siap diganti PLTD?," tanya dia.

Warga akhirnya sepakat aliran PLTA yang selama ini digunakan di pindah ke PLTD.

Massa akhirnya membubarkan diri setelah mendapat penjelasan terkait pemadaman yang dilakukan dari pihak PT PLN Rayon Bagansiapiapi. (Adv)

Oleh: Dedi Dahmudi