BPS Inhil Rekrut 514 Tenaga Sensus Ekonomi 2016

id bps inhil, rekrut 514, tenaga sensus, ekonomi 2016

BPS Inhil Rekrut 514 Tenaga Sensus Ekonomi 2016

Tembilahan, (Antarariau.com) - Badan Pusat Statistik Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau telah merekrut sebanyak 514 orang petugas Sensus Ekonomi yang akan dilaksanakan pada Mei 2016 secara serentak di Indonesia.

"Sebanyak 514 pelamar petugas Sensus Ekonomi 2016 Kabupaten Indragiri Hilir dinyatakan lolos seleksi tertulis dan wawancara dari 1.960 pelamar," kata Kepala BPS Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Sukarwanto di Tembilahan, Rabu.

Dia mengungkapkan dari 514 petugas SE yang lolos seleksi wawancara ini 389 orang merupakan calon Petugas Pencacah Lengkap (PCL) dan 125 orang Petugas Pemeriksa Lengkap (PML).

"Petugas yang telah direkrut nantinya akan ditugaskan perkecamatan, namun, setiap kecamatan tidak sama jumlah petugasnya karena kami menyesuaikannya dengan jumlah responden yang ada disetiap kecamatan," jelasnya.

Kemudian, lanjutnya, bagi peserta yang lulus seleksi wawancara ini wajib melakukan pendaftaran ulang di Kantor BPS Inhil pada 14-17 Maret dengan menyertakan dua lembar pas foto terbaru ukuran 4X6 dengan latar belakang merah, dua lembar photocopy KTP, materai Rp6000, surat izin dari atasan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan diizinkan untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan SE 2016 dari pelatihan hingga akhir pelaksanaan.

"Seluruh calon petugas SE 2016 ini akan diberikan pelatihan terlebih dahulu sebelum pelaksanaan Pencacahan SE 2016 guna mendapatkan petugas yang sesuai dengan kriteria petugas sensus yang telah ditetapkan oleh BPS Pusat. Para calon petugas harus pintar berkomunikasi, karena nantinya tugas mereka akan berhadapan dengan masyarakat luas," paparnya.

Selain itu, katanya, petugas SE juga harus memenuhi standar tulisan yang baik. Karena ini sangat penting bagi petugas yang akan melakukan pendataan di lapangan.

"Hasil dari SE ini nantinya akan dimanfaatkan oleh instansi pemerintah maupun berbagai pihak, baik untuk perencanaan pembangunan atau evaluasi pembangunan yang akan digunakan untuk mengambil kebijakan bagi kepentingan masyarakat luas," terangnya.

Ia menjelaskan, petugas sensus ekonomi nantinya akan bertugas untuk melakukan pendataan Rumah Tangga (RT), Usaha Mikro Kecil, Menengah (UMKM), Usaha Mikro Besar (UMB) yang bertujuan untuk memberikan gambaran lengkap mengenai berbagai sektor usaha yang ada di Inhil, karakteristik bisnis, persaingan bisnis, dan yang lainnya.

"Hasil dari sensus ekonomi ke depannya adalah untuk pemetaan potensi ekonomi wilayah, perbandingan untuk Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), ketenagakerjaan, dan lainnya. Hasil Sensus Ekonomi 2016 akan dirilis BPS pada tahun 2017," katanya. (adv)