Terbiasa Lebih Mudah Pakai Jamkesda, Warga Bengkalis Tolak Pakai BPJS

id terbiasa lebih, mudah pakai, jamkesda warga, bengkalis tolak, pakai bpjs

Terbiasa Lebih Mudah Pakai Jamkesda, Warga Bengkalis Tolak Pakai BPJS

Bengkalis, (Antarariau.com)- Kemudahan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, membuat masyarakat daerah itu lebih memilih Jamkesda saat berobat dibandingkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Seorang warga Bengkalis, asal Desa Air Putih, Maryam (56) mengaku lebih memilih Jamkesda daripada BPJS kesehatan di daerah itu.

“Pernah beberapa waktu lalu masuk kerumah sakit karena sesak napas, dan kita dirawat di rumah sakit umum Daerah Bengkalis tanpa mengeluarkan biaya apapun, ada juga saudara operasi tumor payudara pernah dirawat di RSUD Bengkalis, kita masuk rumah sakit cukup hanya menggunakan fotocopy KTP dan kartu keluarga saja,” kata Maryam di Bengkalis, Sabtu.

Ia mengatakan lebih memilih berobat menggunakan Jamkesda karena tidak mengeluarkan biaya apapun lagi untuk berobat.

“Jika masuk BPJS kita akan membayar iuran yang besarnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Sedangkan Jamkesda, lanjutnya lagi, pasien hanya cukup membawa fotocopy kartu tanda pengenal dan kartu keluarga, tanpa harus mengurus administrasi yang memberatkan seperti melapor bila ada perubahan data peserta perceraian atau sebagainya.

“Alhamdulillah, kami bangga menjadi warga Bengkalis, mungkin kalau di daerah luar seperti jawa dan lainnya untuk berobat saja harus punya uang banyak, kita di Bengkalis, berobat geratis, sekolah geratis, banyak kemudahan yang diberikan,” katanya menjelaskan.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Jaminan dan Sarana Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Bengkalis, Hasbul Maamar, dalam keterangannya di Bengkalis, Sabtu, menyebutkan, pengguna Jamkesda jauh lebih tinggi di bandingkan Pengguna jaminan Kesehatan Badan Penyelenggara jamina Sosial (BPJS).

“Masyarakat cenderung menggunakan Jamkesda di Bengkalis dari pada BPJS karena dipengaruhi faktor kemudahan dalam pengurusan awal dibandingkan BPJS,” katanya.