Ternyata Pertamina Belum Dapat Izin Pasarkan "Bright Gas" Di Pekanbaru

id ternyata pertamina, belum dapat, izin pasarkan, bright gas, di pekanbaru

Ternyata Pertamina Belum Dapat Izin Pasarkan "Bright Gas" Di Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Pertamina (Persero) Pemasaran Wilayah Sumbar-Riau mengakui belum mendapat izin untuk memasarkan produk Liquefied Petroleum Gas (LPG) jenis baru dengan merek Bright Gas 5,5 kilogram di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

"Bright Gas lima kilogram sampai saat ini masih belum perintah resminya dari pusat (Pertamina) untuk pasarkan LPG itu di Kota Pekanbaru," papar Sales Executive LPG V Pertamina Pemasaran Riau, Mahfud Nadyo di Pekanbaru, Kamis.

Pihaknya belum mengetahui secara pasti pangsa pasar Bright Gas ukuran tersebut, meski LPG itu memiliki banyak kelebihan seperti pemakainya akan merasa lebih aman karena tingkat keamanan tabung lebih tinggi dibanding dengan gas elpiji subsidi 3 kilogram.

Lalu seluruh bagian dari tabung Bright Gas baik ukuran 12 kilogram atau 5,5 kilogram telah dilengkapi dengan katup pengaman ganda, sehingga membuat para pengguna dua kali lebih aman dari kebocoran.

Jika salah satu bagian katup rusak, maka gas elpiji tersebut tidak akan langsung keluar dari tabung, melainkan akan tertahan oleh katup pengaman yang lainnya.

"Ada kemungkinan memang, apakah akan dipasarkan di awal tahun depan. Yang jelas, itu bisa masuk (dipasarkan) di Pekanbaru sendiri sebagai ibu kota provinsi," ucapnya.

Manajer Pemasaran Wilayah Sumbar-Riau, Ardyan Adhitia menambahkan, pihaknya belum bisa memasarkan Bright Gas baru berukuran 5,5 kilogram karena terbatasnya pabrik pembuat.

"Untuk saat ini, kita memang masih belum bisa memasarkan Bright Gas ukuran 5,5 kilogram tersebut untuk wilayah Provinsi Riau dan sekitarnya," ucap dia.

Hal itu disebabkan karena hanya satu perusahaan atau pabrikan sampai saat ini yang bisa membuat tabung gas dengan ukuran tersebut karena pembuatan tabung ukuran 5,5 kilogram cukup sulit dan diperlukan kehati-hatian dalam pembutan.

"Sampai saat ini, LPG ukuran 5,5 kilogram itu baru dipasarkan di daerah Pulau Jawa saja. Karena keterbatasan tabung itu, jadi belum bisa dipasarkan di luar Jawa," katanya.

PT Pertamina (Persero) telah meluncurkan produk liquefied petroleum gas (LPG) jenis baru dengan merek Bright Gas 5,5 kilogram pada akhir Oktober 2015.

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan harga jual masa promosi produk tersebut di tingkat agen sebesar Rp62.000 per tabung, tapi harga jual di pasaran seperti minimaret setempat mencapai Rp66.000 per tabung.

Sasaran konsumen dari produk tersebut diarahkan pada keluarga kecil maupun penghuni apartemen dengan frekuensi memasak sedikit.

"Dengan berat kosong tabung hanya 7,1 kilogram dan total berat termasuk isi hanya 12,6 kilogram, lebih ringan diangkat oleh ibu-ibu," katanya.