Dishut Kuansing Gelar Jumat Menanam

id dishut kuansing, gelar jumat menanam

Dishut Kuansing Gelar Jumat Menanam

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Dinas Kehutanan Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menyiapkan program Jumat menanam agar daerah semakin sejuk dengan cara membagikan bibit gratis.

"Kami gelar kegiatan ini untuk mengajak masyarakat gemar menanam sehingga keindahan kota semakin baik dan bisa menambah penghasilan," kata Kepala Dinas Kehutanan Kuantan Singingi (Kuansing) Pramadio Nandar di Teluk Kuantan, Selasa.

Ia mengatakan, untuk merealisasikan program unggulan ini tentunya pihak Dishut akan menyiapkan bibit tanaman untuk dibagi-bagikan kepada masyarakat setiap hari Jumat oleh tim yang akan turun langsung.

Bibit itu nantinya diharapkan bisa ditanam oleh masyarakat di tempat yang dinilai berpotensi menghasilkan dan melindungi tanah karena tanaman itu merupakan tanaman produktif yang bernilai ekonomi dan fungsinya sebagai pelindung dari panas.

" Saya berharap semua masyarakat mendukung kegiatan ini," sebutnya.

Jadi setiap Jumat, tim akan membagikan bibit tanaman ke desa - desa secara bergiliran, sehingga warga mendapatkan bagian secara merata sesuai kebutuhan dan ketersediaan bibit yang telah disiapkan dengan baik oleh instansi terkait.

Untuk jenis bibit tanaman kata Nandar, akan di berikan yang memiliki nilai ekonomi dan bisa bermanfaat untuk penghijauan yakni pohon Metoa misalnya bermanfaat untuk lingkungan dan buahnya juga memiliki nilai ekonomi dapat menambah pendapatan keluarga.

" Program Jumat menanam segera di laksanakan dalam waktu dekat," ujarnya.

Selain memberikan bibit ke masyarakat, pihak Dishut juga melakukan penghijauan di sejumlah tempat seperti di sekolah, mesjid, sport centre dan fasilitas umum lainnya dengan harapan Kota Teluk Kuantan menjadi teduh dan indah.