Lima Calon Haji Kepri Gabung Jemaah Riau

id lima calon, haji kepri, gabung jemaah riau

Lima Calon Haji Kepri Gabung Jemaah Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sebanyak lima orang jemaah calon haji (calhaj) dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) bergabung bersama 439 orang dari Provinsi Riau dalam kelompok terbang (kloter) 2 embarkasi Batam menuju Tanah Suci.

"Jemaah Riau 439 orang, dari Kepri 5 orang dan petugas kloter 5 orang. Jadi, seluruhnya 449 orang berada dalam pesawat Saudi Arabian nomor penerbangan SV 5225," ujar Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Provinsi Riau, Muhammad A Azis melalui telepon genggam dari Pekanbaru, Rabu

Ia mengatakan, lima orang calon haji dari Kepri itu merupakan jemaah batal berangkat kloter pertama embarkasi Batam pada Selasa (25/8), dari total 25 orang calon haji yang seharusnya berangkat bersama rombongan karena berbagai alasan.

Berdasarkan data Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH), seorang calon haji gagal berangkat karena meninggal, empat orang terkendala paspor, 15 orang terkendala visa, seorang sakit dan dua orang karena menemani calon haji yang sakit serta seorang transfer ke kloter lain.

Saat ini, kata dia, khususnya embarkasi Batam melihat kursi pesawat Saudi Arabian Arabian yang kosong pada kloter berapa untuk diisi jemaah. Calon haji dalam posisi menunggu terbitnya visa atau surat izin masuk suatu negara dilekatkan pada paspor.

Pada musim haji 1436 Hijriah/2015 Masehi, embarkasi Batam memberangkatkan 8.911 calon haji terdiri dari 795 orang asal Kepri (kloter 1 dan kloter 15), 4.036 calon haji Riau (kloter 2-10 dan kloter 20), 1.872 calon haji Kalimantan Barat (kloter 11-15) dan 2.108 calon haji Jambi (kloter 16-20).

"Kapan ada seat (kursi) kosong, disitu kita masukkan. Calon haji kita kan embarkasi Batam, itu bukan lagi atas nama (Provinsi) Riau, tetapi sudah nama embarkasi. Apabila ada kloter kekurangan, maka "open seat" itu kita berlakukan," katanya menjelaskan.

"Alhamdulillah, tepat pukul 11.30 Wib tadi, pesawat Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 5225 lepas landas dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam menuju Madinah membawa 449 orang calon haji," terang Azis.

Pelaksana tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Provinsi Riau Ahmad Syah Harrofie melepas 439 orang calon haji asal daerah tersebut.

Pelepasan calon haji asal Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Bengkalis dilaksanakan di Aula Arafah 2, Asrama Haji Batam, Provinsi Kepulauan Riau yang ditandai dengan penyerahan bendera merah putih oleh Ahmad kepada pimpinan kloter 2.

Selain itu dalam sambutan tertulisnya plt gubernur Riau dibacakan Ahmad mengatakan, agar para calon haji meluruskan niat untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut benar-benar ditunaikan semata-mata karena Allah SWT.

"Harus semata-mata untuk beribadah. Semata-mata untuk memenuhi panggilanNya, mengharap ridhoNya dan untuk membuktikan ketakwaan kepada sang khaliq," katanya. (Adv)