Bupati Inhil Imbau PNS Lebih Tingkatkan Prestasi

id bupati inhil, imbau pns, lebih tingkatkan prestasi

Tembilahan, (Antarariau.com)- Bupati Indragiri Hilir, Provinsi Riau Muhammad Wardan mengimbau agar seluruh PNS yang ada di daerah itu lebih meningkatkan prestasi dan kompetensi dibidangnya masing-masing guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat setempat.

"Untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, saat ini pemerintah telah melakukan perubahan manajemen kepegawaian yaitu melalui UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara atau ASN," kata Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan di Tembilahan, Jumat.

Wardan mengatakan perubahan mendasar yang termuat dalam manajemen ASN bertujuan untuk menuntut Aparatur Sipil Negara agar mampu memberikan pelayanan publik, tugas pemerintahan dan tugas pembangunan secara optimal.

"Untuk dapat melaksanakan tugas-tugas itu, ASN tentunya harus memiliki profesi dan manajemen ASN yang berlaku, yaitu sistem merit," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa sistem merit adalah kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, ataupun kondisi kecacatan.

"Pengangkatan, penempatan dan promosi dilaksanakan berdasarkan pada perbandingan antara kompetensi dan kualifikasi yang diperlukan oleh jabatan yang dimiliki calon pegawai secara terbuka dan kompetitif sejalan dengan tata kelola pemerintahan yang baik," ujarnya.

Selain itu dia menyampaikan bahwa bagi setiap PNS yang berprestasi dan dengan setia mengabdi kepada negara serta memberikan pelayanan profesional kepada masyarakat dengan waktu yang telah ditetapkan tidak tertutup kemungkinan akan mendapatkan penghargaan berupa pemberian Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya.

"Pemberian tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya ini dilaksanakan pada hari-hari besar nasional dan untuk 2015 ini Penganugerahan ini disejalankan dengan kegiatan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia Ke-70," ujarnya.

Disamping itu dia menegaskan bahwa kegiatan penyerahan anugerah tanda kehormatan ini bukanlah sebatas kegiatan seremonial saja, namun sebaliknya acara ini hendaknya dijadikan momentum untuk meningkatkan pengabdian dan prestasi kerja untuk bangsa dan negara.

"Pemberian penghargaan ini bertujuan untuk memberikan motivasi, semangat kerja dan disiplin, pahami dan sesuaikan dengan bidang masing-masing, bekerjalah dengan kesadaran sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya, semoga Kabupaten ini lebih baik lagi sesuai dengan visi spirit baru bermarwah dan bermartabat," katanya.

Berdasarkan lampiran Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 17/Tk/Tahun 2015 15 April 2015, PNS Kabupaten Indragiri Hilir yang ditetapkan sebagai Penerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya Tahun 2015 berjumlah 242 orang. (Adv)