Faktor Ekonomi Paksa Nelayan Melaut

id faktor ekonomi, paksa nelayan melaut

Faktor Ekonomi Paksa Nelayan Melaut

Bengkalis, (Antarariau.com) - Faktor ekonomi yang hanya pas-pasan membuat sebagian nelayan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, memaksakan diri melaut meski gelombang tinggi dan angin kencang.

Seorang nelayan Desa Ketamputih, Zaini (43)Bengkalis, Sabtu, mengatakan memaksakan diri melaut meski angin kencang sering melanda perairan laut ketamputih tersebut.

"Pendapatan kita itu dari jualan ikan, dalam kondisi panas terik dan angin kencang ini memang ada perasaan takut untuk melaut, namun karena faktor ekonomi terpaksa harus mencari rezeki," katanya.

Dia mengatakan, kondisi perekonomian yang serba kekurangan mengharuskannya untuk kelaut menjaring ikan.

"Alhamdulillah, setiap melaut kita dapatkan ikan, seperti ikan Lomek, Biang, Anak Udang, dan anak ikan yang biasa disebut ikan pengerih," ujarnya.

Bukan hanya Zaini yang memaksakan diri untuk melaut, begitu juga Zul yang juga hanya bekerja sebagai nelayan harus memenuhi kebutuhan keluarganya.

"Biasanya kita pasang jaring pagi hari dan sore harinya baru kita angkat, terkadang pasang sore paginya baru kita angkat jaringnya," katanya.

Zul mengatakan, demi memenuhi kebutuhan keluarganya, angin dan panas terik yang melanda perairan desa itu tidak membuatnya takut untuk melaut.