Kuansing Harapkan DAK Pusat

id kuansing harapkan, dak pusat

Kuansing Harapkan DAK Pusat

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, berharap kucuran dana alokasi khusus dari pemerintah pusat untuk mengatasi persoalan tebing runtuh dan irigasi di daerah.

"Kami sangat berharap tahun 2015 alokasi DAK ke Kuansing, karena APBD sangat minim untuk merealisasikan sejumlah kegiatan di Sumber Daya Air BMSDA setempat," kata Kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Air H Aswan di Teluk Kunatan, Jumat.

Ia mengatakan, luasnya areal tebing kritis membuat daerah mengalami kesulitan mengatasinya, bahkan tingkat longsor dan abrasi tinggi akibat hantaman sungai setiap tahun mengkhawatirkan penduduk.

Perhatian pemerintah pusat untuk mengucurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk kegiatan tersebut dan program irigasi di daerah, akan sangat dibanggakan oleh masyarakat, karena program perbaikan dan mengatasi kritisnya tebing sudah sangat penting, sementara usulan permohonan itu telah di sampaikan setiap tahun.

" Kami juga berharap tahun 2015 sejumlah program di daerah dapat berjalan lancar, karena sejumlah objek wisata seperti arena Pacu jalur yang bakal di gelar setingkat ASEAN sangat perlu diperhatikan, selain itu area kebun Nopi rawan longsor, butuh dana besar untuk kegiatan pembuatan turap penahan tebingnya," kata dengan berharap.

Kepala Bidang Sumber Daya Air BMSDA Kuansing H Erwan MSi juga mengatakan, permohonan untuk mendapatkan dana DAK tahun 2015 telah dikirim, dengan adanya berita ini diharapkan mampu menggugah pusat dan instansi terkait mengucurkan anggaran ke daerah.

Sejumlah titik tebing kritis perlu perhatian serius, sementara program irigasi juga membutuhkan anggaran besar karena setiap kecamatan irigasi dinilai menjadi prioritas untuk membantu usaha pertanian masyarakat.

" Irigasi untuk lahan persawahan, karena Kuansing akan menuju swasembada pangan," ujarnya.