GPTPP Inhil Sukseskan Tanam 1 Miliar Pohon

id gptpp inhil, sukseskan tanam, 1 miliar pohon

GPTPP Inhil Sukseskan Tanam 1 Miliar Pohon

Tembilahan, (Antarariau.com) - Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP) Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, turut menyukseskan kegiatan penanaman satu miliar pohon yang telah dicanangkan oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

"Kegiatan tanam dan pelihara pohon ini merupakan kegiatan rutinitas nasional," kata Ketua TP PKK Hj Zulaikhah Wardan di Tembilahan, Senin.

Untuk tanam pohon kali ini pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

"Kita sudah sediakan berbagai jenis bibit pohon yang akan kita tanam, jumlahnya ada 3.000 batang pohon, yang nantinya akan diserahkan kepada PKK kabupaten, kecamatan, dan 17 organisasi wanita, dan setiap kecamatan akan menerima 150 bibit pohon," ungkapnya.

Dia mengungkapkan bahwa jenis-jenis pohon tersebut diantaranya adalah bibit Pohon Durian, Sirsak, Mahoni, Kelengkeng, Mangga, Jambu, dan beberapa jenis lainnya.

"Bibit-bibit ini tidak hanya untuk kita tanam, tetapi kita juga diharuskan untuk memeliharanya dengan baik dan penuh tanggung jawab," jelasnya.

Dia juga menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan penanaman pohon ini adalah untuk membangkitkan motivasi dan budaya seluruh masyarakat untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan guna memperbaiki dan merehabilitasi serta merostorasi hutan dan lahan di seluruh indonesia.

Dia berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat Inhil terutama dari kalangan perempuan terhadap pentingnya pemeliharaan lingkungan sekitar guna mencegah dampak negatif dari kerusakan lingkungan, seperti banjir, sulitnya memperoleh air bersih serta perubahan iklim yang tidak menentu dan lain-lain.

Kemudian selain itu, dia juga berharap agar Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan ketua TP PKK untuk menanam pohon di lingkungan masing-masing dan kepada PKK Kecamatan untuk melaporkan kegiatan tanam pohon tersebut kepada Ketua TP PKK Kabupaten Inhil.

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Pulau Palas, dan kegiatan tersebut dirangkai dengan Peresmian Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) Se-Kecamatan Tembilahan Hulu serta di hadiri oleh Bupati Inhil, Ketua TP PKK Hj.Zulaikhah Wardan, Ketua DPRD, Unsur Forkpimda, GOW, dan beberapa Pejabat Eselon di lingkungan Pemkab setempat. (Adv)