Organda Dumai Usulkan Kenaikan Tarif Angkot Rp1.000

id organda dumai, usulkan kenaikan, tarif angkot rp1000

Organda Dumai Usulkan Kenaikan Tarif Angkot Rp1.000

Dumai, (Antarariau.com) - Pengurus Organisasi Angkutan Darat Kota Dumai, Riau, mengusulkan kenaikan tarif angkutan dalam kota sebesar Rp1.000 kepada pemerintah daerah setempat.

Ketua Organda Dumai SW Simanungkalit di Dumai, Kamis, mengatakan usulan ini disampaikan dalam rapat pembahasan yang dilaksanakan Dinas Perhubungan (Dishub) setempat menyikapi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) per 18 November.

"Kami usulkan tarif angkutan dalam kota naik seribu rupiah dalam rapat pembahasan penyesuaian tarif yang diadakan Dishub," katanya kepada Antara.

Dia menilai kenaikan tarif ini sudah dianggap realistis berdasarkan penghitungan yang jelas, mengingat harga kebutuhan bahan pokok ikut beranjak naik seiring penaikan BBM.

Usulan ini kemudian akan diputuskan dalam rapat lanjutan pada pekan depan bersama Dishub dan instansi terkait lain, untuk selanjutnya ditetapkan oleh kepala daerah.

"Putusan penyesuaian tarif ini dijadwalkan Senin pekan depan, dan kami berharap pengusaha angkutan menunggu penetapan dengan tidak menaikkan sepihak," terangnya.

Dia berharap masyarakat memandang usulan kenaikan tarif ini sebagai suatu hal yang wajar dan normatif karena mengikuti perkembangan terkini terjadi.

Di samping itu, ia menilai dengan peningkatan tarif ini diharapkan dapat menggairahkan kembali sektor angkutan umum yang dalam kurun waktu terakhir dianggap mengalami penurunan, baik dari sisi aktivitas maupun penumpang.

"Dibutuhkan perhatian pemerintah untuk menggerakkan kembali sektor angkutan umum ini melalui subsidi ke perusahaan dan supir angkot," demikian dia.

Sementara, Kabid Perhubungan Darat Dishub Dumai Renhart Ronald menyatakan, pihaknya telah memulai gelar rapat pembahasan penyesuaian tarif angkutan kota dalam rangka mengantisipasi kenaikan bahan bakar.

"Kenaikan tarif sepihak saat ini kita anggap sebagai konsekuensi logis dari perubahan harga BBM, dan untuk mengantisipasi gejolak di tengah masyarakat, Dishub bersama Organda telah membahas penyesuaian tarif yang akan diputuskan pekan depan," ungkapnya.