Citilink Berencana Buka Rute Pekanbaru-Surabaya

id citilink, berencana buka, rute pekanbaru-surabaya

 Citilink Berencana Buka Rute Pekanbaru-Surabaya

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Maskapai penerbangan berbiaya murah yang juga anak perusahaan Garuda Indonesia, Citilink perwakilan Pekanbaru berencana melakukan terobosan dengan membuka rute baru yakni Pekanbaru-Surabaya dengan menggunakan pesawat Airbus 320.

"Kenapa kita bilang melakukan terobosan?, karena belum pernah ada maskapai yang membuka rute ini. Jadi, dalam waktu dekat rute Pekanbaru-Surabaya akan kita terbangi menggunakan pesawat Airbus," ujar Sales Manager Citilink Pekanbaru Ridwan, di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, rute tersebut akan diterbangi setiap hari pulang pergi satu kali sehari dengan membawa penumpang tergolong dewasa sebanyak 180 tempat duduk atau sesuai dengan kapasitas kursi penumpang pesawat Airbus 320.

Disamping itu, lanjutnya, dua rute domestik yang menghubungkan Pekanbaru-Medan karena hanya diterbangi Lion Air pulang pergi dua kali setiap hari menggunakan pesawat Boeing 737 dan Pekanbaru-Bandung dengan frekuensi pulang pergi dua kali sehari yang hanya dilayani oleh maskapai AirAsia Indonesia menggunakan pesawat Airbus 320.

"Khusus untuk kondisi rute Pekanbaru-Surabaya ini, kita melihat banyak sekali orang Jawa yang ada di Pekanbaru atau tinggal di Provinsi Riau dan sekitarnya. Sehingga untuk mempermudah atau memperdekat jarak antara Surabaya dan Pekanbaru, nantinya kita terbangkan langsung," katanya.

Sejak hadir di "Kota Bertuah", julukan bagi Pekanbaru pada 8 Maret 2013 yang melakukan penerbangan perdana tiga hari kemudian untuk rute Pekanbaru-Batam, Citilink terus melihat potensi pasar yang terus bisa dikembangkan dan minat masyarakat di Riau yang tergolong cukup tinggi melakukan perjalanan.

Kini maskapai itu telah memiliki frekuensi lima kali frekuensi penerbangan dalam satu hari dengan tiga rute domestik yakni Pekanbaru-Batam dan Pekanbaru-Jakarta yang masing-masing diterbangi dua kali sehari serta Pekanbaru-Yogyakarta satu kali sehari.

"Kalau misalnya ada pertanyaan yang ditujukan kepada Citilink mengenai kapan kepastian operasional rute yang tergolong baru yakni Pekanbaru-Surabaya, kami hanya bisa menjawab yang jelas dalam waktu dekat," ucap Ridwan.

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru telah melayani berbagai jenis pesawat baik Boeing 737, Airbus 320 atau ATR 72-500 dan lain sebagainya dari berbagai maskapai dengan sembilan rute penerbangan domestik.

Rute penerbangan domestik tersebut seperti Pekanbaru-Jakarta, Pekanbaru-Bandung, Pekanbaru-Yoyakarta, Pekanbaru-Batam, Pekanbaru-Medan, Pekanbaru-Rengat, Pekanbaru-Dumai, Pekanbaru-Dabo Sinkep dan Pekanbaru-Pasir Pangaraian.

Sementara untuk rute penerbangan internasional yakni Pekanbaru-Kuala Lumpur yang dilayani maskapai AirAsia, kemudian Pekanbaru-Singapura yang dilayani maskapai Silk Air dan Pekanbaru-Subang, Malaysia yang dilayani maskapai Firefly.