Pembangunan Tiga Pilar Strategis Kuansing Optimis Selesai

id pembangunan tiga, pilar strategis, kuansing optimis selesai

Pembangunan Tiga Pilar Strategis Kuansing Optimis Selesai

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pelaksanaan pembangunan proyek tiga pilar strategis Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau baik pembangunan Universitas Islam Kuantan Singingi (Uniks), Hotel Kuansing maupun Pasar Tradisional berbasis modern optimis selesai tepat waktu.

"Kami optimis dan yakin semua proyek yang menjadi icon daerah ini selesai jelang pertengahan Desember 2014 dan dan dapat di resmikan pemakaiannya pada awal 2015 mendatang," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi Muharman melalui Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Ade Fahrer Arif, ST di ruang kerjanya, Selasa.

Ia mengatakan, hasil monitoring ke tiga lokasi proyek strategis tersebut di dapati bahwa sudah mencapai diatas 45 persen pembangunan itu berjalan dan bakan on scedule, hanya saja ada beberapa bagian perlu digesa sehingga pekerjaan dapat selesai secara serentak jelang akhir tahun 2014.

Bagian yang dianggap penting misalnya pemasangan tiang hotel, pemagaran dan pembangunan pasar Rakyat pada posisi pembuatan jalan aspal, karena itu pemerintah daerah meminta agar pihak kontraktor menambah tenaga kerja dan jam kerja.

"Semua itu sudah di tegaskan kepada pihak kontraktor, namun demikian tetap menjaga kualitas pekerjaan sesuai standar," sebutnya.

Menurutnya, berdasarkan hasil evaluasi proyek secara langsung ke lapangan bersama tim yang dipimpin Sekda, Asisten Ekonomi dan pembangunan, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Wilayah dan Bagian Ekonomi Pembangunan, diketahui bahwa kegiatan pembangunan ketiga pilar sudah berjalan sesuai harapan.

Pihak kontraktor yakni PT. Waskita Karya (Persero) dalam waktu dekat ini akan melakukan penambahan jumlah tukang sekitar 100 orang khusus untuk pekerjaan pembangunan di lantai dua, dan telah di pasang rangka besi lantai dua yang diperkirakan dalam bulan ini juga telah bisa di lakukan pengecoran.

"Untuk pekerjaannya dilakukan secara stimultan dan tidak sama pekerjaan tukang, tapi ada tukang pagar, tukang relif, tukang cor, tukang pasang batu dinding dan sebagainya, Jadi pekerjaan tukang tersebut tidak sama," Paparnya.

Sebagai kelengkapan, di Hotel berbintang Kuansing tersebut, nanti akan dibangun kolam renang, ruang pertemuan dan sebagainya, selanjutnya soal pembangunan Pasar Rakyat tradisional yang dilaksanakan oleh PT. Guna Karya Nusantara saat ini telah lancar dilakukan pekerjaannya karena ada pengalihan dari tiang pancang menjadi tidak pakai tiang pancang karena kondisi tanah cukup keras.

Dimana akan di bangun plaza, restaurant, los dan pengaspalan jalan di pintu masuk dan keluar pasar rakyat tersebut, yang agak sedikit terlambat berkemungkinan pada pengaspalan jalan menuju pintu masuk dan keluar sepanjang 200 meter.

Sementara untuk pembangunan kampus Uniks yang dilaksanakan oleh PT. Hutama Karya (BUMN) tidak ada masalah, dan sangat bangga atas capaian itu dan optimis hingga akhir masa kontrak pekerjaan akan dapat diselesaikan dengan baik.