Distan Pekanbaru Cadangkan Puluhan Sapi Hadapi Lebaran

id distan pekanbaru, cadangkan puluhan, sapi hadapi lebaran

Distan Pekanbaru Cadangkan Puluhan Sapi Hadapi Lebaran

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, Riau, memiliki cadangan puluhan ekor sapi dari peternak sebagai antisipasi banyaknya permintaan warga menghadapi Lebaran 2014.

"Ada sekitar 85 ekor sapi yang kami sediakan, semuanya siap untuk dipotong," kata Kepala Distan Pemkot Pekanbaru Edwar Yunus di Pekanbaru, Selasa.

Menurut dia, cadangan sapi itu untuk memenuhi permintaan warga menghadapi Lebaran karena biasanya pedagang daging kewalahan untuk memenuhi permintaan tersebut.

Namun sapi cadangan tersebut saat ini sudah berada di sekitar Rumah Potong Hewan (RPH) Pekanbaru tinggal menunggu saatnya untuk disembelih.

Dia menambahkan persediaan sapi itu selain dari luar daerah juga milik peternak lokal yang ada di Kecamatan Rumbai, Tenayan Raya maupun Marpoyan Damai.

Pihaknya berharap warga jangan khawatir terhadap persediaan daging sapi menghadapi Lebaran karena sangat mencukupi.

Dari data dan laporan petugas pemantau, bahwa persediaan daging sapi menjelang dan sesudah Lebaran 2014 tidak mengalami kendala.

Bahkan laporan dari peternak sapi lokal, bahwa persediaan yang ada mencukupi dan tidak perlu dicemaskan.

Kebutuhan daging sapi di Kota Pekanbaru biasanya mendekati Lebaran naik mencapai 50 hingga 65 persen dari persediaan hari biasa.

Sedangkan RPH Pekanbaru pada hari biasa memotong 35-40 ekor sapi per hari dan puluhan ekor ternak lainnya seperti kambing dan kerbau.

Pihaknya menetapkan harga daging sapi sebesar Rp85 ribu hingga Rp90 ribu per kg menghadapi Lebaran.