Distan Pekanbaru Bentuk Tim Periksa Hewan Qurban

id distan pekanbaru, bentuk tim, periksa hewan qurban

Pekanbaru, 3/11(ANTARA) - Dinas Pertanian (Distan) Kota Pekanbaru telah membentuk empat tim untuk memeriksa kesehatan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha nanti.

"Pemeriksaan ini untuk mengantisipasi penyakit menular yang terdapat di tubuh hewan ternak, terutama hewan untuk kurban Idul Adha nanti. Dari hasil pemeriksaan itu nantinya dapat diketahui apakah hewan tersebut layak untuk dikonsumsi atau tidak," kata Kepala Distan Kota Pekanbaru, Sentot D Prayitno, di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan, setiap tim terdiri dari tiga orang dan melibatkan dokter hewan serta mantri. Mereka terjun langsung ke tempat-tempat penjualan ternak kurban untuk menyelidiki kesehatan hewan tersebut. Keempat tim itu nantinya akan diterjunkan ke lapangan mulai 3 November 2010.

"Mereka akan memeriksa fisik ternak, di antaranya bagian mata, tubuh, kulit serta ketangkasan hewan yang diperiksa," terangnya.

Menurut dia, jika ditemukan ternak kurban yang kulitnya tidak bersinar, matanya bermasalah, serta terlihat lemah, besar kemungkinan ternak tersebut sakit sehingga harus mendapatkan perawatan.

Pihaknya juga memastikan, dari hasil pemeriksaan tersebut pihaknya akan langsung memberikan rekomendasi baik kepada penjual maupun pembeli yang ada di lokasi, untuk memilih ternak yang sehat sehingga layak dikonsumsi.

"Pemantauan hewan ternak akan dilakukan maksimal mengingat di setiap kecamatan terdapat tenaga kesehatan ternak. Selain itu, dengan banyaknya tenaga kesehatan juga memungkinkan ternak yang sakit cepat diobati," kata Sentot.

Dia menambahkan, pemeriksaan ini dilakukan di pasar tradisional dan tempat penjualan ternak yang merata di setiap jalan.

"Yang menjadi pusat perhatian kami adalah tempat penjualan ternak di tepi jalan, karena mereka adalah penjual dadakan. Kami memeriksa dengan intensif ternak yang dijual, yang kebanyakan digunakan untuk kurban," tambahnya.