Bupati Kuansing Buka MTQ Tingkat Kabupaten Ke XIII

id bupati kuansing, buka mtq, tingkat kabupaten, ke xiii

Bupati Kuansing Buka MTQ Tingkat Kabupaten Ke XIII

Teluk Kuantan (Antarariau.com) - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Sukarmis membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten yang ke-XIII di Kecamatan Sentajo Raya, Senin (16/6) siang.

Selain dihadiri Bupati Sukarmis, hadir pula Sekretaris Daerah Kuantan Singingi Drs Muharman MPd beserta para muspida lainnya. Kemudian, hadir pula para asisten, staf ahli, kepala badan, kepala dinas, kepala satuan dan kepala bagian dan camat di lingkungan Pemkab Kuansing.

Sekitar pukul 14.00 WIB, ribuan orang dari seluruh kafilah di 15 kecamatan mengikuti pawai takruf. Ratusan peserta pawai memeriahkan pembukaan MTQ kabupaten ini. Sementara itu, masyarakat setempat sangat antusias menyaksikan acara pembukaan agenda tahunan tersebut.

Sebelum membuka pelaksanaan MTQ ini, Bupati Sukarmis terlebih dahulu melantik sejumlah dewan hakim, yang telah ditunjuk berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kuantan Singingi dihadapan undangan, pemuka adat dan masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Sukarmis mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi untuk dapat mempedomani dan mengamalkan ajaran Alquran dalam kehidupan sehari-hari, karena hakikat dari pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran adalah bagaimana umat memahami dan mengamalkan firman Tuhan ini.

Selain harus mempedomani kandungan Alquran dalam kehidupan, Sukarmis ini juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momentum ini guna merajut silaturrahim antar sesama.

Diharapkan, melalui pelaksanaan MTQ yang ke-XIII tingkat kabupaten tahun ini hendaknya tercipta masyarakat yang beriman dan bertaqwa.

"Dengan tekad dan keinginan yang kuat dari semua komponen masyarakat, mari kita ciptakan masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT," ajak Bupati Sukarmis saat menyampaikan sambutan.

Momentum pelaksanaan MTQ ini, katanya, juga sudah menjadi kewajiban umat untuk terus menghayati dan mengamalkan isi kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat. "Kewajiban kita adalah menghayati dan mengamalkan isi kandungan Al Quran. Ini adalah modal kita untuk di akhirat kelak," katanya mengingatkan.

Di dalam kandungan Al Quran, kata Bupati, terdapat banyak hikmah yang mengajarkan umat untuk hidup dengan cara memilahara hubungan silaturrahim antar sesama, terutama hidup dalam berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Sementara itu, Camat Sentajo Raya Andika Putra SIP menyampaikan, pelaksanaan MTQ yang ke-XIII ini didasari dengan Keputusan Bupati Sukarmis tentang penunjukkan penyelenggara MTQ tingkat kabupaten tahun 2014. Disampaikan, adapun tujuan dari pelaksanaan MTQ ini adalah untuk mensyiarkan agama Islam ke masyarakat.

Kemudian juga meningkatkan pengamalan minat baca masyarakat terhadap Alquran, dan untuk merajut silaturrahim antar masyarakat dari seluruh kecamatan yang ada di Kuansing. Tidak hanya itu, pelaksanaan MTQ ini juga untuk menyeleksi para qori dan qoriah utusan kabupaten untuk mengikuti MTQ tingkat provinsi tahun ini. (mc/zar)