Bupati Siak panen perdana 35 ribu ikan lele

id Panen ikan lele, program ketahanan pangan, bupati Siak panen

Bupati Siak panen perdana 35 ribu ikan lele

Bupati Siak Alfedri ketika menangkap hasil panen ikan lele dari Kampung Sawit Permai, Kecamatan Dayun sebanyak 35 ribu ekor. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri melakukan panen perdana budidaya ikan lele sebanyak 35 ribu ekor dari Gabungan Kelompok Tani Bangun Tani, Kampung (desa) Sawit Permai, Kecamatan Dayun yang merupakan program ketahanan pangan setempat.

Panen tersebut dilakukan pada 25 kolam lele dengan setiap kolamnya 1.400 ekor yang dikelola 50 orang. Ini mendukung ekonomi masyarakat yang juga melakukan panen perdana peremajaan program sawit rakyat.

"Ini jelas sangat luar biasa dan bisa membantu ekonomi masyarakat," kata Alfedri di Kampung Sawit Permai, Senin.

Alfedri menjelaskan, saat ini kebutuhan ikan di Kabupaten Siak masih kurang. Makanya untuk mencukupi kebutuhan ikan tersebut, masih mendatangkan dari luar, salah satunya dari Kabupaten Kampar.

Oleh karena itu, lanjutnya budidaya ikan lele ini mempunyai pasar yang bagus. Pasalnya di Kabupaten Siak sudah banyak rumah makan atau pun warung pecel lele yang jelas membutuhkan komoditas ini.

"Jadi saat ini tergantung kita membuat rantai pasoknya untuk pemasarannya", jelasnya.

Untuk itu, Alfedri berharap kedepannya ada badan usaha milik kampung yang bisa menampung hasil produk usaha mikro kecil menengah seperti ikan lele ini. Dengan adanya tempat penampungan ikan lele, maka akan mendorong juga masyarakat untuk memperbanyak kolam.

Alfedri menambahkan, Pemerintah Kabupaten Siak juga telah melaksanakan program 1000 UMKM setiap tahunnya. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Untuk di kampung-kampung, program UMKM ini dikhususkan bagi keluarga yang masuk ke dalam kategori Program Keluaraga Harapan. Karena diharapkan dengan adanya UMKM bagi keluarga PKH ini, bisa mengangkat dan menambah pendapatan ekonomi bagi keluarga PKH tersebut", harapnya.