Perasaan Anasrul saat rumahnya direhab Satgas TMMD Kampar

id Rtlh,Tmmd kampar

Perasaan Anasrul saat rumahnya direhab Satgas TMMD Kampar

Rumah asli milik Anasrul sebelum dibangun Satgas TMMD Kodim 0310/KPR. (ANTARA/

Kampar (ANTARA) - Anasrul,warga Dusun I Pulau Pencong, Desa Tanjung Belit Selatan, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, merasa bahagia tak terhingga dan mengucapkan rasa syukur yang tidak terbilang. Hal itu terucap ketika rumah papan yang sudah lapuk berukuran 4x4 meter miliknya mendapat perbaikan dari Satgas TMMD Kodim 0313/Kampar melalui program rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

"Saya sampai tidak bisa berkata-kata lagi, saking gembiranya dan rasa syukur yang mendalam, karena rumah papan yang saya tempati selama tujuh tahun itu direhab oleh bapak-bapak tentara itu," ucapnya dengan nada lirih ketika ditanya perasaannya saat mendapatkan bantuan rehab RTLH itu, Minggu.

Ia berulang kali berkata, "Deyen sangat bersyukur, di ate syukur le, sonang setengah mati, indak bisa mengecek apo-apo le. (Saya sangat bersyukur, bahkan di atas syukur, saya senang setengah mati, tidak bisa berkata-kata lagi)," ungkapnya dalam logat bahasa Kampar.

Di rumah papan itu, laki-laki berusia 48 tahun yang bekerja serabutan ini hidup bersama istri dan tiga anaknya yang semuanya sudah lulus SMA. Sampai saat ini, ketiga anaknya belum ada yang berumahtangga, namun sudah mulai bekerja serabutan dan mencari kehidupan sendiri, tidak lagi tinggal bersamanya setiap hari.

Mereka mendapatkan tempat tinggal sendiri di tempat kerja. Anak pertamanya berumur 25 tahun, yang kedua berusia 20 tahun, dan anak ketiga berumur 16 tahun.

Rumah Anasrul yang sedang dibangun Satgas TMMD Kodim 0310/KPR. (ANTARA/


Senada dengan Anasrul, perasaan yang sama juga diungkapkanoleh Kasli, tetangganya yang juga mendapatkan bantuan rehab RTLH dari Satgas TMMD Kodim 0313/KPR.

"Kami sangat berterima kasih kepada bapak-bapak tentara ini, Bapak Dandim yang sudah sangat peduli dengan kondisi kehidupan kami," ujar mereka.

Sabtu kemarin (3/8), Satgas TMMD tengah memasang atap seng dan memplaster dinding rumah Anasrul. Sedangkan di rumah Kasli sedang dalam proses pemasangan batu bata dinding.

Semangat para anggota Satgas TMMD tidak surut untuk pembangunan RLTH telah menunjukkan perubahan yang signifikan. Mereka terus berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan rumah RTLH dengan sebaik-baiknya, demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat di desa tersebut.

Kepala Tukang Sertu Wisnu Sanjaya mengatakan pembangunan rumah RTLH ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi warga khususnya kedua orang ini.

"Bangunan yang kami buat ini pastinya akan memberikan tempat tinggal yang layak, tetapi juga dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk terus berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.