Sebanyak 4.048 calon haji Riau sudah berada di Madinah

id Kemenag Riau

Sebanyak 4.048 calon haji Riau sudah berada di Madinah

Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau H. Muliardi saat melepas jamaah calon haji Riau dari Batam menuju Madinah. ANTARA/HO-Humas Kemenag Riau

Pekanbaru (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau H. Muliardi menyebut sebanyak 4.048 calon haji asal Riau yang termasuk dalam pemberangkatan gelombang pertama sudah berada di Madinah setelah Kloter 11BTHtiba.

"Calon haji Kloter 11BTHyang hari ini tiba di Madinah sebanyak 445 orang, sekaligus menutup pemberangkatan jamaahgelombang pertama menuju Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA)," katanya di Pekanbaru, Kamis.

Muliardi mengatakan, Kloter 11 juga melibatkan tiga orang petugas haji daerah (PHD) dan lima orang PPIH.

Setelah 11 kloter tiba di Madinah, maka tersisa tiga kloter lagi yang akan memasuki asrama haji Embarkasi Batam pada gelombang kedua untuk diberangkatkan.

"Saat ini jamaah calon haji Riau sudah mulai memasuki Kota Makkah untuk melaksanakan umrah wajib dan rangkaian ibadah lainnya," katanya.

Ia mengatakan saat ini dua kloter asal Riau sudah berada di Makkahdan berdasarkan laporan pimpinan kloter merekaberada dalam keadaan sehat walafiat.

Untuk jamaah yang masih berada di Kota Madinah, berdasarkan laporan pimpinan kloter saat ini sedang melaksanakan ziarah ke Raudhah.

"Jamaah kita yang berada di Madinah berdasarkan laporan saat ini sedang melaksanakan rangkaian Arbain dan ziarah ke Raudhah. Selain itujuga menerima pembinaan dan edukasi dari petugas kloter untuk persiapan melaksanakan ibadah umrah ketika memasuki Kota Makkah," katanya.

Kemenag Riau mencatat sebanyak 5.318 calon haji Riau berangkat dalam dua gelombang, yakni pertama menuju Bandara Internasional AMAAdi Madinah pada 12-23 Mei 2024 dan pada 21 Mei-1 Juni 2024 menuju Bandara King Abdul Azis International Airport (KAAIA) di Jeddah.

Sebanyak 5.318 calon haji Provinsi Riau tergabung dengan Embarkasi Haji Batam (BTH).