Kapolres Rohil ingatkan KPPS jaga integritas saat pemilu

id Pemilu,Polres Rohil

Kapolres Rohil ingatkan KPPS jaga integritas saat pemilu

Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto yang menghadiri acara Bimtek yang diikuti KPPS.(ANTARA/HO-Polres Rokan Hilir)

Rokan Hilir (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rokan Hilir (Rohil) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 terkait tata cara pencoblosan, penghitungan suara, dan lainnya, Jumat (26/1).

Bimtek itu diikuti 518 anggota KPPS dari empat kepenghuluan di Kecamatan Bangko, yakni kepenghuluan Bagan Hulu, Kepenghuluan Bagan Punak, Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil dan Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar.

Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto yang menghadiri acara tersebut mengatakan, KPPS merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan pemilu. Ia meminta KPPS menjaga amanah dan integritas demi pemilu sukses dan damai.

"KPPS merupakan ujung tombak berhasil atau tidaknya pelaksanaan pemilu, bahkan sebagai perwakilan dari KPU nasional. Diharapkan KPPS saling dukung demi kelancaran pelaksanaan pesta demokrasi," ujar Andrian.

Andrian menegaskan, Polri bertugas menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan rangkaian pemilu. Di setiap tempat pemungutan suara (TPS) ditempatkan personel untuk pengamanan.

Minimal satu hari jelang pemungutan suara, personel yang ditugaskan sudah berada di TPS. "Ini untuk memudahkan koordinasi

demi kelancaran pemilu," kata Andrian.

Terkait pelanggaran pemilu, Andrian menyampaikan, diselesaikan oleh Sentra Gakkumdu yang di dalamnya ada Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan.

"Jika ada pelanggaran pemilu akan diselesaikan di Sentra Gakkumdu," tegas Andrian.

Ketua KPU Rohil Supriyanto dalam sambutannya mengatakan tugas KPPS tidaklah mudah karena merupakan garda terdepan dalam praktek pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

Ia menyebut KPPS harus bekerja secara berintegritas memegang prinsip-prinsip penyelenggara pemilu dan melaksanakan pemungutan suara sesuai dengan azas Pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.