Dukung FPJ, Kuansing gelar lomba lari nasional 2024

id Teluk Kuantan,Kuansing

Dukung FPJ, Kuansing gelar lomba lari nasional 2024

Kepala Dinas Pariwisata Kuansing (ANTARA/ASRI)

Teluk Kuantan (ANTARA) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kuantan Singingi (Kuansing)Azhar Ali mengatakan, untuk mendukung program pariwisata akan digelar kegiatan lomba lari nasional 2024 di Kota Teluk Kuantan sesuai dengan masuknya iven lari dalam kalender pariwisata Riau 2024.

"Program ini diberi nama "Kuliner Run Festival" dengan peserta seluruh Indonesia," katanya di Taluk Kuantan, Rabu.

Lomba lari secara nasional akan menempuh jarak 10 kilometer melalui sejumlah objek wisata lokal. Dan itu, pada saat bersamaan dengan kegiatan Festival Pacu Jalur (FPJ) beberapa bulan mendatang.

Iven Kuliner Run Festival 2024 merupakan agenda yang diusulkan oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia (RI ) Sandiaga Uno.

Kegiatan ini sebagai pendukung FPJ dan pergelaran seni budaya lokal seperti tari, lagu daerah, sikat tradisional dalam mendukung pariwisata Kuansing.

Selain itu, untuk mendongkrak pengembangan usaha ekonomi kerakyatan sehingga masyarakat dapat berlomba meningkatkan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada.

Seperti pengelolaan batik, makanan khas dan minuman khas dan produksi lokal lainnya.

"Yang mana, usaha ekonomi kreatif ini sudah membantu ekonomi masyarakat Kuansing selama ini," ujarnya.

Untuk tahun 2024, festival pacu jalur masuk dalam top 10 kharisma event Nlnasional pariwisata Indonesia.

"Ada 100 iven yang masuk dalam KEN dan festival pacu jalur masuk dalam top 10. Alhamdulillah, prestasi ini akan memajukan pariwisata Kuansing," sebutnya.

Bahkan, semua pihak merasa bangga karena FPJ yang sudah ratusan tahun tetap lestari di Kuansing dan mendapatkan dukungan secara nasional.