Panelis menilai soal debat ketiga visi dan misi capres sudah cukup baik

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, debat capres

Panelis menilai soal debat ketiga visi dan misi capres sudah cukup baik

Capres RI Prabowo Subianto (kiri) menyampaikan pendapat disaksikan Capres RI Anies Baswedan (kanan), dan Capres RI Ganjar Pranowo saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.)

Jakarta (ANTARA) - Panelis debat ketiga sekaligus Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran Widya Setiabudi Sumadinata menilai visi dan misi calon presiden (capres) terkait dengan tema debat sudah cukup baik.

"Visi dan misi capres sudah cukup baik. Dalam menjawab terlihat capres sudah dibekali oleh masing-masing tim yang tentu terdiri atas para ahli sehingga jawabannya tidak ada yang melenceng. Hanya tiap capres punya nuansa masing-masing sesuai dengan perspektifnya," kata Widya saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Selasa.

Sementara itu, Widya mengaku cukup puas dengan berjalannya debat ketiga Pilpres 2024, terutama terhadap kesiapan tiap calon presiden.

"Debat ketiga dalam pelaksanaannya, secara teknis, kesiapan capres makin baik daripada pertama dan kedua. Tentu semua baik panitia maupun capres/cawapres, tim pasangan calon, belajar dari sesi sebelumnya agar lebih baik. Saya puas terhadap acara debat semalam (7/1)," ujarnya.

Terlebih, kata dia, panelis menginginkan tiap capres untuk dapat dengan lugas menyampaikan gagasan yang konkret.

"Panelis ingin para capres bisa dengan lugas menyampaikan gagasan konkret, terutama pada isu-isu masa depan yang kritis. Lugas, mengapa? Karena memang waktunya terbatas. Jadi, memang perlu dirumuskan dengan baik gagasannya," kata Widya.

Walaupun demikian, dia berharap debat ketiga dapat menjadi penilaian oleh publik dalam menentukan pilihan pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

"Yang paling berkepentingan dari debat ini adalah publik. Merekalah yang menilai. Panelis dengan segala keterbatasan, khususnya waktu, berupaya untuk merumuskan pertanyaan yang tepat, dapat dipahami kandidat sehingga gagasannya dapat dinilai oleh masyarakat atau publik," ujarnya.

Selepas debat pertama pada tanggal 12 Desember 2023 dan debat kedua pada tanggal 22 Desember 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar debat ketiga yang kembali mempertemukan para capres.

Tema debat ketiga yang diselenggarakan KPU RI di Jakarta, Minggu (7/1), meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Pakar gestur: Ganjar Pranowo seringkali tampilkan emosi "contempt"

Baca juga: Nobar Debat Capres di Riau, Ruslan: Ganjar pahami pertahanan negara