TPN: Ganjar-Mahfud fokus target penuhi 100 persen MEF di 2024

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, TPN

TPN: Ganjar-Mahfud fokus target penuhi 100 persen MEF di 2024

Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto saat wawancara eksklusif bersama ANTARA di Menteng, Jakarta, Jumat (5/1/2024). (ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)

Jakarta (ANTARA) - Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto mengatakan salah satu fokus Ganjar-Mahfud dalam mengejar target pemenuhan kekuatan pokok minimum atau (MEF) sebesar 100 persen pada 2024.

Andi menjelaskan untuk memenuhi target tersebut yaitu dengan meningkatkan kapasitas produksi Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) utama dalam negeri.

“Misalnya kalau untuk alat angkut pasukan tempur, kita sudah bisa mengandalkan (tank) Anoa dan Komodo. Kalau tank, kita sudah bisa mengandalkan kerja sama kita dengan Turki berupa Tank Harimau,” kata Andi Widjajanto saat wawancara eksklusif bersama ANTARA di Jakarta, Jumat (5/1).

Menurut dia, Indonesia pada dasarnya sudah mampu memproduksi atau menjadi bagian dari perbaikan pemeliharaan yang tergabung dalam konstruksi global. Ia menambahkan Indonesia saat ini juga sudah memiliki beberapa kerangka dasar untuk membuat alutsista utama agar diproduksi industri pertahanan dalam negeri.

Percepatan dan peningkatan produksi dalam negeri yang menjadi salah satu fokus Ganjar-Mahfud dalam pengadaan belanja alutsista.

Dengan begitu, pembelian alutsista dapat dibiayai tanpa utang yang pada akhirnya dapat mendorong kemandirian industri pertahanan dalam negeri. Dalam Peraturan Presiden (PP) Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, target MEF hingga tahun 2024 ditargetkan mencapai 100 persen.

Kementerian Pertahanan menyebutkan bahwa di awal tahun 2023, MEF alutsista TNI baru sekitar 65 persen.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar debat pilpres ketiga yang akan diselenggarakan di Istora Senayan pada tanggal 7 Januari 2024 dan ditayangkan di Garuda TV serta jaringan MNC Group, yakni MNC TV, RCTI, Global TV, dan iNews TV mulai pukul 19.00 WIB.

Debat yang akan mempertemukan para capres untuk kedua kalinya tersebut mengangkat tema seputar pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar Pranowo minta TPN bantu atasi hama tikus-kredit macet petani di Blora

Baca juga: TPN sebut capres Ganjar Pranowo sudah siap hadapi debat ketiga