Harimau sumatera tampakkan diri di Inhu

id Harimau Sumatera,Harimau riau

Harimau sumatera tampakkan diri di Inhu

Seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang tampak di areal perkebunan warga, di Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). (ANTARA/Tangkapan layar)

Pekanbaru (ANTARA) - Seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) menampakkan dirinya di areal perkebunan warga di wilayah Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau.

Satwa dilindungi tersebut diduga berjenis kelamin betina. Sebab, saat terlihat oleh warga harimau itu bersama seekor anaknya. Penampakan hewan berbadan loreng ini membuat warga setempat ketakutan.

Berdasarkan informasi yang dirangkum, salah seorang warga setempat sempat merekam momen penampakan kedua ekor harimau itu menggunakan handphone. Video yang sempat menghebohkan di media sosial itu diambil dari dalam mobil.

Kepala BBKSDA Riau Genman Suhefti Hasibuan saat dikonfirmasi, Kamis, membenarkan adanya laporan tersebut. Dikatakannya, Kabupaten Inhu merupakan bagian wilayah di Provinsi Riau yang terdapat harimau sumatera.

Pihaknya menyebutkan kemunculan harimau tersebut disebabkan curah hujan yang tinggi, ditambah dengan kondisi banjir di beberapa wilayah.

"Harimau ini muncul disebabkan oleh cuaca hujan dan banjir," sebutnya.

Genman pun mengimbau kepada warga, agar tidak sendirian saat pergi ke kebun atau area hutan yang sepi. Apabila warga tak sengaja bertemu harimau tersebut, diharapkan dapat segera menghindar dan tak mengusiknya.

Mengenai tindakan apa yang dilakukan BBKSDA Riau, pihaknya akan berkoordinasi dengan petugas di lapangan yang ada di Resor Kerumutan.

"Kejadian ini saya koordinasikan dengan anggota di lapangan sebelum melakukan tindakan. Warga diminta tetap waspada," pungkasnya.

Baca juga: Harimau muncul lagi di Siak, ini yang dilakukan BBKSDA

Baca juga: Penampakan harimau resahkan petani sawit di Siak