Jarnas 98 ajak elemen bangsa untuk jalankan demokrasi tanpa fitnah

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Jarnas 98

Jarnas 98 ajak elemen bangsa untuk jalankan demokrasi tanpa fitnah

Wakil Menteri Tenaga Kerja sekaligus mantan aktivis 98 Afriansyah Noor dalam diskusi yang digelar Jarnas 98 di Jakarta, Senin (20/11/2023). (ANTARA/HO-Jarnas 98.)

Jakarta (ANTARA) - Organisasi relawan pendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yakni Jarnas 98 mengimbau seluruh komponen bangsa, untuk menjalankan demokrasi tanpa fitnah jelang Pemilu 2024.

"Sebagai Aktivis 98 yang menghadirkan demokrasi dalam sistem politik Indonesia, menginginkan pesta pemilu 2024 ini menghasilkan demokrasi sehat, demokrasi tanpa politik fitnah," kata Ketua Jarnas 98 Sangap Surbakti dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Hal itu disampaikan Sangap usai menggelar diskusi aktivis 98, sekaligus peresmian sekretariat Jarnas 98. Kegiatan itu turut dihadiri Wakil Menteri Tenaga Kerja Afriansyah Noor, sekaligus mantan aktivis 98. Dalam diskusi itu, dihadiri pembicara dari aktivis-aktivis 98 yakni Hasan Nasbi seorang peneliti sosial, Mixil Mina Munir Aktivis Forkot pendukung Ganjar Pranowo, Agung Nugroho pendukung Anies Baswedan.

Lanjut Sangap, pihaknya mencoba melakukan kesepahaman di antara organisasi-organisasi pendukung calon presiden lainnya. Alasannya, karena Jarnas 98 merupakan organisasi yang berisikan aktivis-aktivis 98 yang melahirkan reformasi 98.

"Aktivis 98, banyak jadi motor penggerak tim pemenangan capres lain," kata Sangap yang juga anggota TKN Prabowo-Gibran.

Sangap kembali mengingatkan, bahwa kelahiran reformasi 98 adalah untuk membangun peradaban bangsa yang humanis dan berbudaya egaliter dalam politik Indonesia.

"Politik fitnah merupakan sumber perpecahan dan disintegrasi bangsa. Siapapun yang menang dan kalah, jika melakukan politik fitnah, pasti memberikan bekas psikologis dan trauma sosial dalam kehidupan masyarakat," katanya menegaskan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Selasa, 14 November 2023, menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Peserta Pilpres 2024 terdiri atas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Menhan Prabowo Subianto resmikan Ruang Makan Husein Taruna Akmil Magelang

Baca juga: GMNI nhyatakan Prabowo sudah buktikan dukungan nyata untuk Palestina