Ada Pekan Maulid Festival di Pekanbaru

id Pemkot Pekanbaru, Pekan Maulid Festival, Peringatan Maulid Nabi

Ada Pekan Maulid Festival di Pekanbaru

Pejabat Wali Kota Pekanbaru dan jajaran bersama peserta lomba Story Telling dalam rangkaian Acara Pekan Maulid Festival. (ANTARA/HO-FB Muflihun)

Pekanbaru, (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bekerja sama dengan Forum Pemuda Remaja Masjid (FPRM) dan Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia menggelar Pekan Maulid Festival dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Masykur Tarmizi, Kamis, mengatakan pembukaan Pekan Maulid Festival akan berlangsung di Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru, Jumat (6/10).

Pembukaan dimeriahkan oleh penampilan artis Syakir Daulay dan Annisa Rahman.

"Kegiatan yang merupakan kerja sama antara FPRM, Kementerian Kominfo, serta Pemerintah Kota Pekanbaru ini terbuka untuk umum dan diperuntukkan untuk kaum muda," kata Masykur Tarmizi.

Sejatinya festival ini sudah dimulai rangkaiannya sejak Tabligh Akbar pada 1 Oktober lalu. Tabligh Akbar yang dilaksanakan mengusung tema 'Ukhuwah Islamiyah, Persatuan Pemuda Remaja Masjid dan Literasi Digital', yang menghadirkan Ustadz Hamanis (Hannan, Mannan dan Ihsan).

Selanjutnya sejak Rabu (4/10), sudah digelar bazar usaha mikro kecil menengah bertema Islami di Jalan Cut Nyak Dien. Ada sekitar 66 tenda berpartisipasi dalam bazar tersebut.

Pada Pekan Maulid Festival itu, sejak Rabu juga sudah dilaksanakan 10 cabang perlombaan. Adapun 10 lomba yang akan dilaksanakan adalah Lomba Story Telling, Cerdas Cermat, Hadroh, Marawis, Nasyid, Barzanji, Rebana, Busana Muslimah (Syar'i), Defile dan Mars BKMT.

Puncaknya, pada 11 Oktober, Pemkot Pekanbaru akan menggelar puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW berupa kegiatan tabligh akbar yang nantinya akan diisi oleh Ustadz Das'ad Latif. Kemudian juga dimeriahkan oleh penampilan Opick, yang rencananya akan dilaksanakan di Jalan Gajah Mada.

"Bagi anak-anak muda, remaja yang ingin ikut hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan dapat mendaftar melalui Link pendaftaran," ujar Masykur.*