Ribuan Penumpang Pesawat Pekanbaru Terlantar Akibat Asap

id ribuan penumpang, pesawat pekanbaru, terlantar akibat asap

Ribuan Penumpang Pesawat Pekanbaru Terlantar Akibat Asap

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ribuan orang calon penumpang pesawat dari berbagai maskapai dari dan tujuan Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, telantar akibat kabut asap pekat yang mengganggu pergerakan pesawat baik lepas landas maupun mendarat.

"Sejak pagi hingga siang tadi, ada 18 penerbangan yang delayed dengan jumlah penumpang ribuan orang," kata Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru Ibnu Hasan kepada pers di Pekanbaru, Minggu malam.

Ia mengatakan, bahkan hingga malam ini, kabut asap juga masih sangat pekat sehingga tidak ada pesawat yang bisa mendarat di bandara.

"Tapi bukan berarti bandara tutup. Bandara tidak ditutup hanya saja tidak ada pesawat dari berbagai maskapai yang berani untuk mendarat," katanya.

Kalau misalkan ada pesawat yang berani mendarat atau lepas landas, kata Ibnu, petugas bandara masih akan tetap melayaninya.

"Namun sejak pagi hingga siang memang belum ada pesawat yang datang ataupun pergi. Totalnya hingga siang ada 18 pesawat yang delayed," katanya.

Kabut asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru sejak pagi hingga malam lebih pekat dibandingkan sebelumnya.

Bau menyengat abu juga terasa yang membuat hidung gatal dan menyebabkan iritasi mata.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Kabut Asap Riau sejauh ini masih terus mengupayakan pemadaman titik-titik kebakaran lahan penyebab udara tercemar asap.