Ribuan Penumpang Padati Bandara Pekanbaru Jelang Tahun Baru

id ribuan penumpang, padati bandara, pekanbaru jelang, tahun baru

Pekanbaru, (antarariau.com) - Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, tiga hari jelang perayaan malam Tahun Baru 2013 dipadati sebanyak 8.685 penumpang baik kedatangan maupun keberangkatan.

"Jumlah ini jika dibandingkan dengan hari-hari bisanya, meningkat. Namun jika dibandingkan dengan musim libur akhir tahun sejak 22 Desember lalu, sedikit mengalami penurunan," kata Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Ibnu Hasan, di Pekanbaru, Sabtu siang.

Ibnu yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan, untuk jumlah pesawat keberangkatan hari Sabtu (29/12) sama dengan hari-hari sebelumnya, yakni 34 armada dari berbagai maskapai.

Sementara untuk jumlah penumpangnya mencapai 4.358 orang atau terisi sekitar 87,63 persen dari seat tersedia mencapai 4.973.

Untuk pesawat kedatangan, lanjut kata Ibnu, juga ada sebanyak 34 pesawat dengan total penumpang sebanyak 4.327 atau terisi sekitar 91,23 persen dari seat tersedia sebanyak 4.743 kursi.

"Kemungkinan, jumlah penumpang akan jauh lebih besar pada hari Minggu (30/12), baik kedatangan maupun keberangkatan," katanya.

Tujuan dominan ribuan penumpang keberangkatan menurut Ibnu yakni Jakarta, kemudian disusul Batam dan Medan.

Ibnu berpandangan, kepadatan penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru setiap musim liburan perayaan agama dan lainnya adalah disebabkan tingginya minat warga Riau yang ingin berlibur ke wilayah-wilayah strategis seperti Bogor, Medan, bahkan Malaysia.

"Hal ini karena memang di Riau atau Pekanbaru sangat langka lokasi wisata strategis," katanya.