Dinas PUPR PKPP Riau perbaiki ruas jalan menuju Selat Panjang

id DInas PUPR-PKPP,JALAN RUSAK RIAU

Dinas PUPR PKPP Riau perbaiki ruas jalan menuju Selat Panjang

Perbaikan ruas jalan Selatpanjang-Alai-KP Balak, Desa Mekong, Kabupaten Kepulauan Meranti yang rusak tergerus air laut ketika pasang naik. ANTARA/HO-Humas Dinas PUPR-PKPP Riau

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau M Arief Setiawan mengatakan segera memperbaiki ruas jalan Selat Panjang-Alai-KP Balak, Desa Mekong, Kabupaten Kepulauan Meranti yang rusak tergerus air laut ketika pasang naik.

"Air laut saat pasang naik selalu menggenangi ruas jalan Selat Panjang-Alai-KP Balak, Desa Mekong, Kabupaten Kepulauan Meranti, sehingga membutuhkan perbaikan dan ruas jalan itu sudah fungsional sesuai keinginan masyarakat," kata M Arief Setiawan, di Pekanbaru, Minggu.

Perbaikan ruas jalan tersebut, katanya, harus segera dilakukan karena sarana tersebut merupakan ruas jalan menuju Pelabuhan Penyeberangan Pulau Tebing Tinggi, sekaligus merupakan urat nadi dan salah satu jalan penghubung dari desa-desa di Pulau Merbau menuju Kota Selat Panjang.

Kota Selat Panjang, katanya pula, sekaligus merupakan ibu kota Kabupaten Kepulauan Meranti serta ruas jalan ini juga menghubungkan desa-desa yang ada di Pulau Tebing Tinggi.

"Ruas jalan tersebut adalah akses jalan menuju pelabuhan penyeberangan yang terletak di Pulau Tebing Tinggi. Pelabuhan ini terletak di Sungai Ringgit yang memisahkan Pulau Tebing Tinggi dan Pulau Merbau," katanya pula.

Ketika air pasang naik cukup tinggi, katanya pula, maka jalan menuju pelabuhan penyeberangan itu akan terendam oleh air laut sepanjang 400 meter lebih bisa mengakibatkan terputus akses jalan dari dan ke Selat Panjang menuju desa-desa yang ada di Pulau Merbau.

Ruas jalan tersebut penting diperbaiki, katanya lagi, untuk menekan biaya tinggi jika masyarakat pengguna jalan harus menambah biaya sampan atau rakit untuk menyeberang.

"Pada tahun anggaran 2023 melalui UPT Jalan dan Jembatan III, Dinas PUPR-PKPP Riau telah melakukan penangan pada ruas jalan tersebut, yakni menambah tinggi badan jalan 50-60 centimeter dari level permukaan jalan yang ada dengan menggunakan geotextile sebagai alas permukaan badan jalan," katanya pula.

Setelah penangan ini selesai, ia meyakini jika terjadi pasang tinggi pada titik ruas jalan ini maka badan jalan tidak tergenang sehingga mempermudah semua masyarakat pengguna jalan untuk lewat dari dan ke Selat Panjang menuju Pulau Merbau.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Riau memperbaiki ruas jalan menuju Selat Panjang