Peringati Hari Lingkungan, Pertamina bersih bersih pantai di Dumai

id Pertamina Dumai

Peringati Hari Lingkungan, Pertamina bersih bersih pantai di Dumai

Aksi bersih bersih pantai oleh PT Pertamina Dumai dan PHR Wilayah Kerja Rokan direncanakan pada Sabtu 10 Juni 2023.

Dumai (ANTARA) - Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni Tahun 2023 ini akan diperingati PT Kilang Pertamina Internasional Unit Dumai bersama PT Pertamina Hulu Rokan WK Rokan dengan mengadakan kegiatan bersih bersih pantai guna mendorong partisipasi warga mencintai dan menjaga lingkungan.

Juru Bicara Pertamina RU Dumai Agustiawan mengatakan kegiatan bersih pantai ini akan dihadiri lebih kurang 300 peserta di lokasi Pantai Marina Kelurahan Teluk Makmur Kecamatan Medang Kampai Dumai pada Sabtu, (10/6) besok.

Kegiatan ini akan dilaksanakan serentak di 47 titik di seluruh Indonesia dengan dilakukan secara relay bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan RI Siti Nurbaya.

"Kegiatan ini upaya untuk mengajak masyarakat Dumai dan Riau secara umum agar peduli terhadap kebersihan lingkungan dan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga pantai dan mengurangi polusi plastik," kata Agustiawan, Kamis.

Melalui aksi bersih bersih pantai mengambil tema "Beat Plastic Pollution" ini diharap dapat mengedukasi masyarakat tentang dampak negatif penggunaan plastik secara berlebihan terhadap lingkungan.

Sebab timbulan sampah plastik di Indonesia merupakan kedua terbanyak dari total timbulan sampah berdasarkan komposisi, yaitu 18,05 persen. Sehingga perlu perhatian khusus karena sampah plastik tidak mudah terurai dan akan mengganggu kelestarian lingkungan.

“Semoga kegiatan ini bisa diikuti secara antusias oleh masyarakat dan yang terpenting dapat menghidupkan budaya mencintai dan menjaga lingkungan,” sebut Agustiawan.

Selain di Pantai Marina Kota Dumai, PT KPI Unit Dumai juga akan menyelenggarakan kegiatan serupa di lokasi sekitar Pelabuhan Roro Sei Pakning dan Outlet Separator di Kabupaten Bengkalis.