Legislator : Aparat Pekanbaru Harus Rutin Pantau Udara

id legislator , aparat pekanbaru, harus rutin, pantau udara

Legislator : Aparat Pekanbaru Harus Rutin Pantau Udara

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Legislator Kota Pekanbaru, Riau, meminta aparat terkait harus rutin memantau kondisi udara dan menyampaikan laporan kepada publik menyangkut kabut asap yang dapat menyebabkan penyakit.

"Aparat Dinas Kesehatan secara berkala mengabarkan soal kabut asap karena berdampak terhadap kondisi kesehatan warga," kata anggota DPRD Kota Pekanbaru Darnil di Pekanbaru, Selasa.

Darnil mengatakan laporan petugas itu penting agar warga dapat menghindari dan tidak keluar rumah.

Belakangan ini kabut asap menyelimuti Kota Pekanbaru, pagi hari terlihat gelap dan jarak pandang di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II hanya sekitar 1,5 km.

Kabut asap itu akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau terutama di Kabupaten Kepulauan Meranti, Pelalawan, Siak maupun di Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru.

Sejumlah pihak memberikan masker kepada pengendara sepeda motor karena kabut asap dapat membahayakan kesehatan seperti batuk dan pilek.

Demikian pula pihak berwenang di Pemkot Pekanbaru menyarankan warga agar tidak melakukan kegiatan di luar ruangan bila memang tidak penting.

Menurut dia, kwalitas udara saat ini dapat merusak kesehatan dan bagi pengendara sepeda motor dapat menyebabkan mata perih dan gangguan pernafasan.