Bawaslu Riau kabulkan gugatan dua balon DPD RI

id Bawaslu, Beri ,kesempatan, Bawaslu, Riau, kabulkan, gugatan dua, Balon, DPD RI

Bawaslu Riau kabulkan gugatan dua balon DPD RI

Bawaslu Provinsi Riau intensifkan pengawasan terhadap aktivitas politik praktis di rumah ibadah. Antara/dok.

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau akhirnya mengabulkan gugatan dua bakal calon (balon) anggota DPD RI daerah pemilihan Riau, terhadap KPU dengan memberikan waktu perbaikan syarat dukungan.

Dua balon masing-masing Ichwanul Ihsan dan Maimunah yang sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat verifikasi administrasi pada perbaikan kedua.

Setelah melakukan mediasi keduanya dengan KPU Riau, Kamis (30/3/2023), gugatan mereka dikabulkan dan masih diberikan waktu untuk melakukan perbaikan.

"Alhamdulillah Bawaslu Riau sudah melaksanakan tugas dan kewenangan dalam penyelesaian sengketa proses terhadap dua permohonan yang diajukan olehIchwanul Ihsan dan Maimunah. Alhamdulillah dapat diselesaikan melalui mediasi sehingga tidak sampai tahap ajudikasi(pengadilan)," kata anggota Bawaslu Riau Hasan di Pekanbaru, Kamis.

Hal senada juga disampaikan Anggota Bawaslu Riau Nanang Wartono. Pemohon masih diberikan waktu 1 x 24 jam untuk melakukan perbaikan.

"Para pihak menyepakati di sini termohon, KPU Riau memberikan waktu kepada pemohon 1 x 24 jam untuk melengkapi kekurangan sejak akses silon dibuka KPU RI," kata Nanang.

Artinya dua pemohon ini diberikan waktu mengunggah dukungan minimal ke Silon. "Kesepakatannya memasukkan berkas yang baru," kata dia.

Sebelumnya KPU Riau menyatakan enam bakal calon (Balon) Anggota DPD RI tidak memenuhi syarat dukungan minimal saat verifikasi administrasi perbaikan pertama.

Enam nama itu adalah Herdi Salioso, Oskar Oris, Ichwanul Ihsan, Maimunah, Puji Daryanto dan Sondia Warman. Dari enam nama itu, dua di antaranya yakni Ichwanul Ihsan dan Maimunah mengajukan gugatan ke Bawaslu Riau.

Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal saat dikonfirmasi, membenarkan adanya gugatan dia Balon. Menurut Alnofrizal, gugatan kedua Balon DPD RI ini sudah diterima.

Lanjut dia, gugatan atau sengketa yang masuk ini akan diproses paling lama 12 hari kerja terhitung hari ini. Ia menambahkan, penyelesaian gugatan ini bisa dengan mediasi ataupun persidangan.

"Bawaslu akan menyelesaikan sengketa ini dalam jangka waktu paling lama 12 hari kerja terhitung hari ini. Penyelesaiannya bisa lewat mediasi atau ajudikasi (persidangan)," kata Alnofrizal.