Tradisi Petang Balimau di Sungai Siak kembali digelar

id petang balimau pekanbaru,tradisi ramadhan,ramadhan 2023

Tradisi Petang Balimau di Sungai Siak kembali digelar

Arsip Foto--Anak-anak memadati tempat pelaksanaan Petang Balimau di bagian Sungai Siak di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Petang Balimau merupakan tradisi warga setempat untuk menyambut bulan Ramadhan. (ANTARA/Rony Muharrman)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru berkoordinasi dengan instansi pemerintah terkait untuk menggelar tradisi menyambut bulan Ramadhan, Petang Balimauatau Petang Megang,di bagian Sungai Siak di areaRumah Singgah Tuan Kadi pada Rabu (22/3).

SekretarisDinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota PekanbaruArdiansyah Eka Putra mengatakan bahwa panitia penyelenggara sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Riau serta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru.

"Untuk mengantisipasi tumpah ruahnya masyarakat yang bakal berenang di Sungai Siak saat Petang Balimau, kami sudah melakukan rapat persiapan. Kamiprediksi ribuan orang bakal memadati lokasi acara," katanya di Pekanbaru, Selasa.

Tradisi Petang Balimaudi Pekanbaru terakhir dilaksanakan pada tahun 2018. Tradisi menyambut bulan puasa itu tidak dilaksanakan selama 2019 sampai 2022, antara lain karena ada pandemi COVID-19.

Ardiansyahmengatakan bahwa pemerintah kota tahun ini kembali menyelenggarakan Petang Balimauuntuk melestarikan tradisimenyambut bulan puasa di Bumi Lancang Kuning.

"Tentu kami imbau agar semua menjaga keselamatannya, meski sudah ada petugas yang disiagakan dalam pelaksanaan Petang Balimau," katanya.

Ia menjelaskan bahwa Petang Belimautahun ini akan dimulai dengan pawai dari Rumah Dinas Wali Kota Pekanbaru di Jalan Ahmad Yanidan dilanjutkan dengan berziarah di Pemakaman Marhum Pekan.

Di Pemakaman Marhum Pekan yang ada di lingkunganMasjid Raya Pekanbaru,ada makam dari pendiri Kota Pekanbaru, yakni Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah.

Tradisi Petang Balimau, yang meliputi acara mandi di sungai dan pertunjukan permainan rakyat, rencananya dilaksanakan selepas shalat ashar.