Dari Pekanbaru ke Siak makin dekat, lewat sini

id Gubernur, Riau, jalan, Pekanbaru, Siak

Dari Pekanbaru ke Siak makin dekat, lewat sini

Gubernur Riau, Syamsuar dan Bupati Siak, Alfedri berada di Jalan PT SIR yang menghubungkan Siak dan Kota Pekanbaru dengan jarak yang lebih singkat. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak, (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar meresmikan ruas jalan Perawang (Kabupaten Siak)-Pekanbaru atau lebih dikenal jalan PT Surya Inti Lestari (SIR) yang memiliki panjang 25,59 kilometer dibangun menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah provinsi senilai Rp140 Miliar.

"Saya waktu masih Bupati Siak termasuk yang menginisiasi jalan ini, masyarakat Perawang paling getol menyuarakan minta dibukanya jalan PT SIR ini. Karena itu saat saya mendapat amanah jadi gubernur jalan ini menjadi prioritas saya," kata Gubernur Syamsuar saat peresmian, Rabu.

Syamsuar menyampaikan jalan dengan kapasitas Muatan Sumbu Terbatas 8 ton memperpendek jarak tempuh masyarakat kedua daerah tersebut. Jalan pintas ini mampu memangkas waktu tempuh 1,5 jam dari Jalan Pramuka, Pekanbaru hingga Jembatan Sei. Pulai, Perawang, Siak.

Dia mengatakan jalan ini dapat mendukung distribusi kebutuhan logistik, mobilisasi barang, mobilitas orang dan mendukung destinasi wisata di Kabupaten Siak. Pasalnya dari Menteri Pariwisata RI meminta akses menuju objek wisata itu jalannya harus cepat dan bagus.

“Oleh karena itulah, kami tahu persis Siak ini adalah merupakan kota wisata. Makanya saya mempersiapkan jalan ini dengan maksud untuk mempercepat sampainya, sehingga ini juga terbantu untuk mewujudkan kota wisata,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, dengan adanya jalan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sekaligus bisa mengawasi terhadap penggunaan jalan yang melebih kapasitas. Karena itulah, dia mengajak Dinas Perhubungan Kabupaten Siak dan Provinsi Riau untuk bekerjasama untuk penindakan nantinya.

Bupati Siak Alfedri menyampaikan pembangunan jalan PT SIR ini menjadi akses yang sangat penting bagi masyarakat Perawang, kabupaten Siak. Sebelumnya masyarakat Perawang jika ke Pekanbaru harus lewat Minas, yang waktu tempuhnya 1 jam kadang lebih, belum lagi harus berpapasan dengan mobil-mobil besar.

"Sekarang, Alhamdulillah dengan adanya jalan ini, waktu tempuh menjadi singkat hanya 30 menit sudah sampai Pekanbaru. Kami apresiasi dan bersyukur apa yang dibuat pak gubernur semoga ini membawa berkah bagi Siak, Riau yang lebih maju di masa mendatang,” ucapnya.