Peringatan Hari Hutan Indonesia 2022 usung tema "Hutan Kita Sultan"

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, hari hutan

Peringatan Hari Hutan Indonesia 2022 usung tema "Hutan Kita Sultan"

Warga menanam mangrove di di kawasan Ekowisata Mangrove Kapuk Muara, Jakarta Utara, memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia, Jumat (26/11/2021) (ANTARA/Instagram@tamanhutandki)

Jakarta (ANTARA) - Peringatan Hari Hutan Indonesia 2022 yang dilakukan pada 7 Agustus 2022 mengusung "Hutan Kita Sultan" yang diharapkan menjadi pemantik bagi masyarakat luas untuk meningkatkan kesadaran akan upaya pelestarian hutan di Tanah Air.

Koordinator Konsorsium Hari Hutan Indonesia 2022 Miftachur Ben Robani dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat menjelaskan bahwa hutan di Indonesia memiliki kekayaan biodiversitas yang juga menjadi sumber pangan, obat-obatan, sumber air serta udara bersih. Hutan Indonesia juga menjadi rumah dan akar budaya berbagai suku bangsa dan masyarakat adat.

"Hutan kita kaya, memberikan beragam manfaat yang selama ini kita nikmati, baik yang berada di dalam hutan, di sekitar hutan, hingga masyarakat yang letaknya jauh dari hutan. Untuk itu, pelestarian hutan Indonesia harus terus dilakukan oleh kita semua," katanya.

Dalam pernyataan serupa, Direktur Eksekutif Yayasan Madani Berkelanjutan Nadia Hadad mengatakan Hari Hutan Indonesia menjadi momen refleksi sejauh mana kesuksesan langkah-langkah untuk melindungi hutan.

Secara khusus dia menyoroti bahwa berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang diolah Yayasan Madani Berkelanjutan, hutan alam Indonesia menyusut 4 juta hektare dari 2011 sampai 2019. Namun, pembukaan hutan dari tahun ke tahun terus menurun.

"Hal ini kita perlu rayakan dan awasi agar tren penurunan perubahan tutupan hutan terus berlanjut sehingga target iklim Indonesia dalam Nationally Determined Contribution (NDC) dan kebijakan FOLU Net Sink 2030 bisa tercapai," jelas Nadia Hadad.

Hari Hutan Indonesia merupakan inisiatif Konsorsium Hari Hutan Indonesia, sebuah forum kolaborasi yang terdiri dari 27 anggota lintas organisasi yang memiliki kesadaran dan misi yang sama untuk berkomitmen penuh dalam upaya pelestarian hutan Indonesia.

Untuk tahun ini, peringatan Hari Hutan Indonesia tahun ini akan dipusatkan di Hutan Kota Kemayoran di Jakarta.

Baca juga: Ijin hutan sosial Riau direalisasikan Menteri Siti

Baca juga: Walhi perkirakan 60 persen area hutan Jambi sudah dirambah atau rusak