Pengangguran di Dumai Berkurang 500 Orang

id pengangguran di, dumai berkurang, 500 orang

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Dumai, Riau mengklaim sebanyak 500 orang pencari kerja telah bekerja di sejumlah perusahaan swasta selama 6 bulan terakhir.

"Semuanya merupakan putra-putri Dumai yang mendapat kesempatan bekerja pada saat dibukanya sistem rekrutmen oleh perusahaan," kata Kepala Disnakertrans Dumai Amiruddin, Rabu.

Amiruddin menyatakan, meski terjadi pengurangan angka pengangguran di kota pelabuhan itu, namun sejauh ini angka para pencari kerja masih cukup tinggi sebanyak sekitar 3.600-an orang per Mei 2013.

Upaya pemerintah menekan angka pengangguran, menurutnya dilakukan dengan cara melakukan komunikasi intensif dan monitoring aktif ke semua perusahaan yang beroperasi di Dumai.

Monitoring tersebut, bertujuan sebagai bentuk pengawasan terhadap aktivitas hubungan kerja antara pekerja dan perusahaan supaya tercipta suasana kondusif dan lancar.

Selain itu, juga mendorong agar perusahaan lebih mengutamakan kebutuhan pekerja baru dengan memberikan kesempatan kepada tenaga kerja lokal dalam sistem rekrutmen.

"Angka pengangguran masih cukup tinggi, karena itu kita akan terus lakukan pengawasan dan mendorong perusahaan memprioritaskan tenaga kerja lokal untuk bekerja di perusahaan," terangnya.

Dia memandang, pihak perusahaan sudah mulai terbuka dan transparan ketika melakukan proses penerimaan karyawan, yakni aktif melaporkan ke pemerintah terkait kebutuhan dan pengumuman sesuai peraturan daerah.

"Demikian juga dengan pelaporan kartu AK1 bagi pencari kerja yang telah diterima bekerja di perusahaan yang disampaikan ke pemerintah. Dengan pelaporan tersebut, memudahkan kita untuk mendata keberhasilan menekan angka pengangguran di kota ini," tukasnya.